Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ras Anjing yang Akur dengan Kucing, Bisa Dipelihara Bersama

Kompas.com - 20/09/2022, 17:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggapan klasik yang menyebut anjing dan kucing selalu bertengkar alias tidak pernah akur seperti tak selalu benar.

Pasalnya, ada beberapa ras anjing dan kucing di luar sana yang bisa akur dan berteman satu sama lain sehingga bisa memelihara bersama di rumah

Baca juga: Penyebab Anjing Takut Mendengar Suara Vacuum Cleaner

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut tak banyak terjadi dan sulit membuat anjing serta kucing saling akur. 

Bahkan kucing yang paling santai sekali pun tidak cocok untuk ras anjing tertentu, terutama ras anjing penggembala atau shepherd, anjing pengintai, atau terrier. 

Anjing penggembala terprogram untuk "menggiring" apa pun yang bergerak, termasuk anak kecil dan kucing. Gerakan kucing yang tiba-tiba dapat memicu dorongan mangsa sehingga sulit bagi anjing peliharaan menahan dorongan untuk mengejar.

Namun, beberapa ras anjing yang tenang dan perawatan rendah bisa menjadi teman sempurna untuk kucing.

Dilansir dari Reader's Digest, Selasa (20/9/2022), berikut tujuh ras anjing yang akur dengan kucing.  

Baca juga: Anjing Vs Kucing, Mana Lebih Populer di Dunia?

Basset hound 

Ilustrasi anjing Basset houndUnsplash/Casper Coomans Ilustrasi anjing Basset hound
Selain kegemaran meraung, anjing Basset hound memiliki telinga panjang dan terkulai. Anjing ini juga dikenal setia dan sabar, sifat yang akan sangat membantu selama periode pengenalan serta aklimatisasi dengan kucing peliharaan. 

Dengan sifat baik yang dimiliki tersebut, Basset hound adalah salah satu ras anjing yang akur dengan kucing. 

Beagle

Beagle dibiakkan untuk berburu secara berkelompok sehingga membuatnya terbuka untuk berbagi ruang dengan hewan dan orang lain. 

Dalam kehidupan nyata, anjing Beagle juga sering berinteraksi dengan anjing lain, hewan peliharaan lain, dan serta orang-orang sehingga membuatnya menjadi kandidat teratas sebagai ras anjing yang akur dengan kucing.  

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Maltese, Dicintai Bangsawan dan Hewan Terkaya  

Bulldog

Ilustrasi anjing - Anjing ras English Bulldog.SHUTTERSTOCK / Ann Tyurina Ilustrasi anjing - Anjing ras English Bulldog.
Bulldog dikenal memiliki tubuh pendek dan gempal yang membuatnya dapat menjadi anjing penggangu. Secara general, anjing Bulldog tidak cepat membuat pertemanan dengan anjing lain, tetapi kucing dan hewan peliharaan lain dapat dengan mudah diterimanya.

Bulldog memiliki moncong sangat pendek yang membuatnya rentan terhadap serangan panas dan bulunya yang pendek membuat tidak dapat mentoleransi cuaca dingin. 

Ditambah, Bulldog bukan penggemar air dan anjing pemalas yang senang meringkuk. Dari sifat-sifat tersebut, setidaknya anjing Bulldog telah memiliki empat kesamaan dengan kucing, yang membuatnya menjadi ras anjing yang akur dengan kucing. 

Baca juga: Asal Usul Anjing dan Kucing Kerap Bertengkar 

Cavalier king charles spaniel

Ilustrasi anjing Cavalier king charles spaniel. PIXABAY/alexas_fotos Ilustrasi anjing Cavalier king charles spaniel.
Selanjutnya, ras anjing yang akur dengan kucing adalah Cavalier king charles spaniel. Anjing ini memiliki hati seperti emas yang besar dan memberikan cinta pada setiap orang yang ditemuinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com