Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Anjing Corgi, Si Kecil Kesayangan Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 09/09/2022, 11:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Corgi adalah salah satu ras anjing populer dan banyak dipelihara di dunia.

Anjing Corgi memiliki penampilan yang mudah dikenali, yakni kaki pendek, paha berotot, dada yang dalam, serta badan yang panjang.  

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Samoyed, Mirip Serigala dan Selalu Tersenyum

Anjing Corgi rata-rata memiliki tinggi 25-30 sentimeter dan berat 12-14 kilogram. Meski kecil, anjing Corgi dikenal lincah, kuat, lucu, penyayang, cerdas, senang bermain, dan setia kepada pemiliknya.  

Anjing Corgi datang dengan warna bulu yang beragam, dari merah, sable, coklat kekuningan, serta coklat bercampur hitam dengan atau tanpa tanda putih. Namun, kebanyakan Corgi hadir dalam warna coklat kekuningan. 

Anjing Corgi memiliki banyak keistimewaan yang tidak dimiliki ras anjing lainnya. Apa saja? Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (9/9/2022), berikut fakta menarik anjing Corgi.  

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Pomeranian, Selamat dari Tenggelamnya Titanic

Ada dua jenis anjing Corgi

Ilustrasi anjing Corgi.Unsplash/heyhoneybunny Ilustrasi anjing Corgi.
Dilansir dari Mental Floss, ada dua jenis Corgi, yakni  dan Cardigan Welsh Corgi. Keduanya memiliki kemiripan, tapi dianggap sebagai dua ras anjing yang berbeda karena berasal dari nenek moyang berbeda.

Kemiripan itu merupakan hasil persilangan pada abad ke-19. Perbedaan paling mencolok antara Pembroke Welsh Corgi and Cardigan Welsh Corgi adalah pada ekornya.

Kebanyakan Pembroke Welsh Corgi tidak memiliki ekor dan umumnya telinga berbentuk runcing, sedangkan Cardigan Welsh Corgi memiliki ekor dan telinga yang membulat. 

Baca juga: 6 Ras Anjing Mirip Serigala yang Dapat Dipelihara di Rumah

Anjing kesayangan Ratu Elizabeth II 

Corgi menjadi salah satu ras anjing peliharaan kesayangan banyak orang di seluruh dunia, salah satunya Ratu Elizabeth II.

Seperti diketahui, Ratu Elizabeth II meninggal dunia kemarin, Kamis (8/9/20220, waktu Inggris, pada usia 96 tahun di Kastil Balmoral, Skotlandia. Ini fakta menarik anjing Corgi yang tak bisa dilepaskan. 

Bahkan, penguasa Inggris yang telah memerintah selama 70 tahun itu diketahui sangat menyukai anjing Corgi dan telah memelihara sejak usia 10 tahun hingga akhir hidupnya. 

Ilustrasi anjing CorgiPIXABAY/ElfinFox Ilustrasi anjing Corgi

Menurut American Kennel Club (AKC), badan pengasuhan anjing Amerika Serikat, sepanjang hidupnya, ibu dari Pangeran Charles itu memiliki lebih dari 30 anjing Corgi, tepatnya jenis Pembroke Welsh Corgi. 

"Ratu adalah salah satu peternak dan duta Pembroke Welsh Corgi paling produktif dan berdedikasi yang pernah dilihat dunia," kata AKC. 

Baca juga: 4 Ras Anjing Kecil yang Mirip Boneka dan Cocok Dipelihara Pemula

Organisasi anjing lainnya, The Kennel Club yang berbasis di Inggris, menyampaikan simpati kepada Keluarga Kerajaan di Twitter dengan mengatakan, "Sebagai salah satu orang kerajaan yang paling mencintai anjing dalam sejarah, perlindungannya akan sangat dirindukan," ucap The Kennel Club, dilansir dari USA Today. 

Kecintaan Ratu Elizabeth II terhadap anjing Corgi dapat dilihat dari foto-foto yang didokumentasikan sejak Ratu kecil hingga sepanjang hidupnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com