Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ras Anjing yang Cocok Dipelihara untuk Mereka yang Sibuk

Kompas.com - 21/09/2022, 16:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMemelihara anjing berkaitan erat dengan komitmen untuk meluangkan banyak waktu.

Selain memberikan makan dan mengajaknya bermain, beberapa ras anjing tertentu membutuhkan waktu olahraga yang cukup banyak untuk menjaga kesehatan serta kesejahteraannya.

Baca juga: 3 Penyebab Anjing Sering Kentut dan Cara Mengatasinya

Namun, tidak semua orang yang ingin memelihara anjing memiliki banyak waktu untuk hal tersebut. Mereka yang sibuk bekerja mungkin hanya bisa meluangkan waktu satu sampai dua jam setiap harinya. 

Untungnya, dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (21/9/2022), ada lima ras anjing yang cocok untuk dipelihara oleh orang sibuk.

Anjing ini juga tergolong minim perawatan lantaran membutuhkan sedikit olahraga, perawatan, serta pelatihan seperti berikut. 

Baca juga: 13 Fakta American Foxhound, Salah Satu Anjing Pemburu Terbaik

Dachshund

Ilustrasi anjing Dachshund. PIXABAY/congerdesign Ilustrasi anjing Dachshund.

Dachshund adalah anjing penyayang dan teman  menyenangkan untuk manusia. Mereka datang dalam dua ukuran, yakni miniatur dan medium.

Namun, untuk Dachshund berbulu panjang, membutuhkan perawatan lebih banyak daripada jenis yang berbulu pendek. Sahabat bulu ini juga memiliki sisi keras kepala dan membutuhkan latihan dalam jumlah sedang.

Anjing Dachshund memiliki tubuh panjang dan kaki pendek sehingga berlari serta melompat secara berlebihan dapat memperburuk atau menyebabkan masalah tulang belakang.

Baca juga: Ketahui, Ini Alasan Anjing Setia kepada Pemiliknya

Greyhound

Greyhound adalah anjing berenergi rendah. Meski dikenal sebagai anjing pembalap, kebanyakan Greyhound lebih senang bersantai dan bermalas-malasan di sofa dengan pemiliknya.

Meski begitu, mereka senang diajak jalan-jalan setiap hari dan diberi kesempatan seesekali berlari. Namun, Greyhound tidak membutuhkan banyak olahraga.

Secara keselurahan anjing Greyhound memiliki kesehatan yang baik, mudah ditangani, dan sangat responsif terhadap pelatihan.

French Bulldog

Ilustrasi anjing French bulldog.Unsplash/alexsofronie Ilustrasi anjing French bulldog.
French bulldog, juga disebut Frenchie, adalah salah satu anjing yang cocok dipelihara merak yang sibuk. French bulldog adalah anjing ceria dan senang bermalas-malasan. 

Meski memiliki banyak energi, Frenchie cenderung kurang memiliki daya tahan yang baik. Latihan harian yang sedang cocok untuk ras anjing ini. 

Kebanyakan French bulldog merespons pelatihan dasar dengan baik dan umumnya berperilaku baik. Mereka membutuhkan perawatan minimal. Hanya saja, ada kemungkinan memiliki beragam masalah kulit. 

Baca juga: 12 Fakta Menarik Anjing French Bulldog, Tidak Berasal dari Perancis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com