Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Mencegah Bulu Sikat Pembersih Rumah Menjadi Rontok

Kompas.com - 06/10/2022, 08:55 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat sedang membersihkan rumah, terkadang ada noda yang cukup membandel dan hanya bisa diatasi dengan sikat pembersih.

Akan tetapi, noda yang sudah menumpuk dan mengerak bisa menjadi tantangan tersendiri. Penggosokan pun dilakukan sekuat tenaga agar permukaan mengilau kembali.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Peralatan Pembersih Rumah

Meski noda sudah hilang, menggunakan sikat pembersih sekuat tenaga dapat membuat bulunya semakin longgar dan rontok, terutama jika metode ini dilakukan cukup sering.

Selanjutnya, bulu sikat bisa tersangkut pada sesuatu jika sikat pembersih digunakan di area yang kurang tepat. Pada akhirnya, kamu akan lebih sering mengganti sikat pembersih, yang mana ini menyebabkan pemborosan.

Ilustrasi sikat kamar mandi, sikat pembersih kamar mandi.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi sikat kamar mandi, sikat pembersih kamar mandi.

Regional Export Manager Vikan, Alasdair Scott, mengungkapkan bahwa ada cara mudah untuk mencegah bulu sikat pembersih rontok agar alat bisa digunakan untuk waktu yang lama.

“Cara merawat sikat pembersih, misalnya sikat pembersih pipa, hindari menggunakannya di area yang mungkin membuat bulu-bulunya tersangkut,” ujarnya kepada Kompas.com dalam Expo Clean & Expo Laundry 2022 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sikat Kloset

Scott melanjutkan, apabila ada sesuatu yang menghambat kerja sikat pembersih pipa, sebaiknya proses pembersihan dihentikan dan ganti dengan sikat pembersih dengan bentuk memadai.

Perhatikan material alat dan area pembersihan

Untuk sikat pembersih yang digunakan untuk menggosok beragam permukaan di rumah, pilih yang jenis bulunya sesuai dengan area dan kotoran yang akan dibersihkan.

Dengan demikian, area yang kotor bisa dibersihkan dengan lebih maksimal, dan peralatan yang digunakan tidak cepat rusak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com