Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Gunakan Jasa Pembersih Rumah

Kompas.com - 02/06/2022, 13:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalankan rutinitas pekerjan rumah, dari memasak, mencuci dan menyetrika pakaian, hingga membersihkan rumah, tidak hanya melelahkan, tetapi juga membuat bosan.

Tak heran, banyak orang memilih beristirahat dan absen melakukannya. Untungnya, ada layanan jasa pembersih profesional yang dapat membantu Anda menyelesaikan semua pekerjaan membersihkan rumah. 

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Memperlambat Kegiatan Membersihkan Rumah

Anda dapat menyerahkan pembersihan kepada para profesional sehingga bisa bersantai dan rileks. Saat ini, mencari jasa profesional kebersihan rumah mudah ditemukan secara online dan memesannya dalam waktu kurang dari satu menit.

Pilih jasa pembersih yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan rumah sebelum petugas kebersihan tiba.

Nah, dilansir dari My Decorative, Kamis (2/6/2022), berikut lima tips mempersiapkan rumah sebelum menggunakan jasa pembersih profesional. 

Baca juga: Membersihkan Rumah Dapat Menjaga Kesehatan Mental, Ini Tipsnya 

Tinjau rencana pembersihan 

Ilustrasi membersihkan rumah, produk pembersih rumah. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi membersihkan rumah, produk pembersih rumah.
Sebelum memesan jasa layanan pembersihan, kunjungi terlebih dulu situs website jasa untuk mengetahui jenis layanan apa yang ditawarkan dan apakah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tentu Anda tidak ingin mengharapkan sesuatu yang tidak termasuk dalam layanan mereka. Sampaikan semua pertanyaan Anda untuk mengetahui apakah mereka memiliki layanan lain yang Anda butuhkan seperti binatu atau organisasi dalam ruangan

Baca juga: 7 Cara Membuat Rutinitas Membersihkan Rumah Jadi Ramah Lingkungan

Bereskan kekacauan 

Sebelum petugas kebersihan datang, bereskan semua kekacauan seperti membereskan mainan anak, pakaian, dan piring kotor.

Jika tidak, petugas kebersihan hanya akan memiliki cukup waktu untuk membereskannya dan tidak ada waktu untuk melakukan tugas yang lebih melelahkan seperti membersihkan lantai, jendela, dan karpet.

Hapus semua kekacauan sehingga pembersih dapat membersihkan semua permukaan dengan benar dan memberikan tingkat pembersihan yang Anda harapkan.

Selain itu, singkirkan apa pun yang Anda tidak ingin rusak saat dibersihkan. 

Baca juga: 8 Kesalahan Membersihkan Rumah yang Justru Bikin Lebih Kotor

Singkirkan hewan peliharaan 

Ilustrasi anjingUnsplash/Mia Anderson Ilustrasi anjing
Bila rumah memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, sebaiknya menyimpan  menyimpan hewan peliharaan di ruangan khusus atau dalam kandang untuk sementara waktu agar petugas kebersihan tetap aman dan nyaman menjalankan tugasnya. 

Terlepas dari hewan peliharaan agresif atau tidak, sebaiknya menjauhkan sahabat bulu dari petugas kebersihan. Mereka tidak leluasa dan maksimal membersihkan jika hewan peliharaan berkeliaran.

Ide baik adalah membawa hewan peliharaan ke salon perawatan atau mengajaknya berjalan-jalan selama petugas kebersihan sedang bekerja. 

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Membersihkan Rumah Secara Teratur

Pastikan petugas kebersihan bisa masuk ke rumah 

Pembersihan menyeluruh membutuhkan banyak waktu, jadi saat menyewa layanan kebersihan, Anda punya waktu untuk pekerjaan lain atau relaksasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com