Kompas.com - 19/05/2022, 14:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebih dari tiga perempat orang Inggris mengatakan bahwa rumah yang bersih penting untuk kesehatan mental dan kesejahteraan mereka.

Sebaliknya, rumah yang berantakan atau kotor dapat berdampak serius pada suasana hati. Angka ini meningkat lebih jauh pada mereka yang memiliki masalah kesehatan mental. 

Baca juga: Tampilan Ruang Kerja di Rumah Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Studi yang dilakukan merek peralatan rumah tangga premium, Brabantia, menyoroti bagaimana ruangan yang tidak teratur dapat membuat kita merasa stres atau tidak bahagia. 

Bahkan hal itu bisa berdampak pada hubungan kita dengan keluarga dan pasangan serta mempengaruhi produktivitas kerja. 

Karena itu, penting membersihkan rumah dan menjaganya tetap rapi serta teratur demi menjaga kewarasan.  

Nah, untuk memudahkan pembersihan, Emma Kenny, psikolog sekaligus presenter TV asal Inggris, membagikan beberapa tips membersihkan rumah demi menjaga kesehatan mental dikutip dari Country Living, Kamis (19/5/2022). 

Baca juga: 8 Kesalahan Membersihkan Rumah yang Justru Bikin Lebih Kotor 

Rumah rapi, pikiran tenang 

Ilustrasi membersihkan rumah.Shutterstock/Tanyastock Ilustrasi membersihkan rumah.
Emma mengatakan untuk tidak meremehkan kekuatan pembersihan. Pasalnya, pembersihan telah terbukti menenangkan pikiran, yang secara klinis terbukti mengurangi perasaan stres dan kecemasan, yang pada gilirannya meningkatkan tingkat kesejahteraan mental. 

Sesuatu yang sederhana seperti menyingkirkan kekacauan yang tidak diinginkan atau mengatur ruang dapat membuat perbedaan pada suasana hati. 

Baca juga: 4 Bunga yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Buat rencana strategi pembersihan rumah 

Buatlah rencana strategi untuk membersihkan rumah. Namun, Anda tidak perlu membersihkan rumah secara menyeluruh sekaligus. Susun rencana pembersihan menjadi beberapa bagian yang dapat dicapai. 

Misalnya, membersihkan ruangan tertentu lebih awal, kemudian pembersihan mendalam pada area lainnya. Jangan lupa beistirahat ketika sedang membersihkan rumah agar tidak kehilangan momentum. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Rutinitas Membersihkan Rumah Jadi Ramah Lingkungan

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.