Kompas.com - 21/04/2022, 22:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Merawat dan membersihkan rumah merupakan tugas pembersihan rumah tangga yang wajib dan rutin dilakukan setiap harinya.

Hal ini untuk menjaga tampilan rumah tetap bersih dan terawat sekalgius menghindari kerusakan pada rumah beserta perabotan yang ada. 

Baca juga: Hemat Bujet, Ini 7 Cairan Pembersih yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Namun, saat membersihkan rumah, tak jarang beberapa metode yang dilakukan tidak ramah lingkungan alias merusak lingkungan hidup. 

Dikutip dari eHow, Kamis (21/4/2022), ada cara membuat rutinitas membersihkan rumah menjadi lebih ramah lingkungan seperti berikut ini. 

Hindari produk sekali pakai

Ilustrasi produk pembersih rumah. FREEPIK/RACOOL_STUDIO Ilustrasi produk pembersih rumah.

Menghindari penggunaan produk sekali pakai merupakan langkah awal menuju rutinitas membersihkan rumah yang ramah lingkungan.

Metode ini juga dapat menghemat pengeluaran karena dapat membersihkan rumah menggunakan produk yang bisa digunakan berkali-kali.

Baca juga: 4 Produk Pengusir Kecoak di Rumah, Bisa Dibuat Sendiri dengan Mudah

Manfaatkan kaus kaki lama

Jangan membuang kaus kaki lama yang sudah buruk karena dapat dimanfaatkan sebagai kain lap untuk membersihkan debu pada permukaan apa pun seperti kerai dan kipas angin plafon.

Cukup menyemprotkan sedikit produk pembersih, lalu menyekanya pada permukaan yang dibersihkan. Ketika sudah digunakan, cuci kaus kaki seperti biasa sampai bersih. 

Baca juga: 8 Kesalahan Membersihkan Rumah yang Justru Bikin Lebih Kotor

Buatlah cairan pembersih sendiri

Cairan pembersih dapat dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah seperti membuat semprotan pembersih serbaguna yang terbuat dari cuka putih, air, dan minyak esensial. 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber ehow
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.