Kompas.com - 11/03/2022, 16:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 membuat sebagian orang terpaksa bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Mereka pun mulai membangun dan mendesain ruang kerja di rumah demi memberi kenyamanan serta menunjang produktivitas selama WFH. 

Baca juga: Menurut Psikolog, Ini 3 Warna untuk Tingkatkan Produktivitas Saat WFH

Kendati demikian, menciptakan dan mendekorasi ruang kerja di rumah perlu dilakukan dengan hati-hati, terlebih jika ingin tetap produktif.

Pasalnya, psikolog Indah Sundari mengungkapkan bahwa tampilan ruang kerja bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

“Kita bicara tentang konsep sudut. Saat tren WFH berkembang di Indonesia, kita harus punya area bekerja. Enggak harus ruangan yang ada pintunya atau bersekat,” ucap Indah dalam konferensi pers virtual bertajuk “Kampanye Dekoruma #SatuSudutDulu”," Kamis (10/3/2022).

Baca juga: Produktif Selama WFH, Letakkan 3 Tanaman Ini di Meja Kerja

Ilustrasi ruang kerja.SHUTTERSTOCK / Photographee.eu Ilustrasi ruang kerja.
Menurut Indah, satu sudut tertentu di dalam rumah yang dijadikan ruang kerja dapat memberi dampak psikologis cukup positif jika ditata dengan benar.

Ruang kerja yang mendukung pun dapat membuat kegiatan bekerja tidak terlalu melelahkan, terlebih jika sehari-hari kamu sering mengikuti rapat.

“Dua tahun terakhir, banyak orang datang ke psikolog untuk curhat, ngerasa enggak kuat diajak rapat terus sama bos. Ketika hal ini tidak didukung dengan ruang kerja yang baik, bisa menambah stres,” jelas Indah.

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menata Ruang Kerja

Stres yang dirasa akan membuat pekerjaan kurang produktif karena tidak fokus dan konsentrasi menurun. Pada akhirnya, aspek-aspek dalam lingkup pekerjaan ini akan mempengaruhi aspek lain dalam kehidupan.

“Di rumah, bawaannya ketus, pasangan dicuekin, anak diomelin. Jadi, kalau ditanya sebesar apa pengaruh ruang kerja ke mental, itu besar banget,” imbuh Indah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.