Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2024, 20:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu persiapan menyambut hari raya Idul Fitri yaitu membersihkan seluruh bagian rumah. Tujuannya tentu saja agar rumah terlihat lebih bersih dan rapi saat hari raya. 

Tak hanya bagian dalam rumah, bagian luar rumah seperti teras juga perlu dibersihkan. Sebab, area ini yang pertama kali dilihat saat masuk ke dalam rumah. 

Baca juga: Cukup 10 Menit, Ini Tips Membersihkan Teras Rumah dengan Cepat

Teras yang bersih dan rapi akan membuat suasana rumah terasa lebih menyenangkan. Terkadang, teras juga digunakan untuk berkumpul bersama keluarga saat Idul Fitri, maka dari itu penting untuk membersihkan area ini. 

Dikutip dari Good Housekeeping, Rabu (3/4/2024), berikut cara membersihkan teras rumah dengan mudah. 

Bersihkan lantai teras

Ilustrasi membersihkan lantai beton di teras rumahShutterstock/Oakland Images Ilustrasi membersihkan lantai beton di teras rumah

Di sekitar lantai teras biasanya terdapat daun yang berjatuhan atau debu yang menumpuk. Bersihkan lantai teras dengan sapu untuk menghilangkan kotoran yang ada dipermukaan. 

Jika lantai terbuat dari kayu dan komposit, gunakan larutan pembersih khusus dan ikuti petunjuk penggunaannya. Gosok searah dengan serat kayu untuk menghindari terlalu banyak tekanan. 

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Lantai Beton dengan Mudah

Lantai dari kayu keras seperti jati, mahoni, dan kerani bisa dilap dengan minyak jati minimal dua kali setahun untuk membantu mempertahankan warnanya. Untuk kayu yang lebih lunak, cukup oleskan pengawet kayu dengan pernis. 

Jika ingin mengembalikan kayu yang dicat dan dipernis, gosok dengan ampelas halus dan aplikasikan kembali cat atau pernis. 

Membersihkan paving block

Cara membersihkan teras rumah selanjutnya yaitu membersihkan area paving block. Cara membersihkan paving block diawali dengan menyingkirkan furnitur dan pot dari area tersebut. 

Lalu, bersihkan gulma yang tumbuh di atas paving block. Setelah itu, bilas dengan air dan pastikan semua bagian bersih. 

Jika ada lumut di sekitar paving block, maka sebaiknya gosok paving block menggunakan sikat agar paving block bersih dari lumut dan tidak licin. 

Baca juga: Cara Membersihkan Paving Block Teras Rumah

Membersihkan furnitur di teras

Tak hanya bagian lantai dan paving block, furnitur yang ditempatkan di teras rumah juga harus dibersihkan. Cara membersihkan furnitur di teras tergantung pada materialnya. 

  • Furnitur kayu

Untuk kayu keras bisa dilap dengan minyak jati dua kali setahun agar warnanya terjaga. Sedangkan kayu keras bisa diberi bahan pengawet kayu dan pernis. 

Jika kayu sudah dicat atau dipernis, maka gosok terlebih dahulu furnitur tersebut dengan ampelas halus, lalu aplikasikan pernis kembali. 

Ilustrasi furnitur outdoor, furnitur teras rumah.SHUTTERSTOCK/AJINTAI R Ilustrasi furnitur outdoor, furnitur teras rumah.

  • Furnitur aluminium

Jika furnitur teras terbuat dari aluminium, maka bersihkan furnitur dengan lap bersih dan larutan pembersih. Perbaiki cat yang terkelupas dengan melakukan pengecatan ulang. Dengan demikian, furnitur akan terlihat seperti baru. 

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Furnitur Teras Rumah agar Bebas Debu

  • Furnitur berbahan plastik

Untuk furnitur dari plastik, bersihkan furnitur tersebut menggunakan larutan pembersih dan sikat berbulu halus. Jika ada noda, gunakan larutan pemutih ringan untuk menghilangkannya. 

Itulah cara membersihkan teras sebelum Idul Fitri. Bersihkan seluruh sudut teras agar rumah terlihat kinclong dan segar saat hari raya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com