Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2024, 13:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman dan teras merupakan tempat favorit bagi semut dan serangga lain. Meski ukuran tubuhnya kecil, semut ternyata bisa mengganggu kenyamanan saat beraktivitas di teras.

Semut bisa menimbulkan rasa gatal di kulit dan terkadang ada jenis semut yang dapat menimbulkan rasa sakit. Hal tersebut membuat banyak pemilik rumah merasa risau jika teras rumahnya dipenuhi semut. 

Baca juga: 4 Cara Mengusir Semut dari Rumah dengan Bahan Alami

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa alternatif solusi yang bisa dipilih. Dikutip dari Ideal Home, Rabu (24/4/2024), berikut beberapa cara mengusir semut dari teras rumah

Bahan dan alat yang diperlukan

ilustrasi koloni semut di terasShutterstock/Cherkas ilustrasi koloni semut di teras

Air mendidih

  • Cairan pembersih
  • Boraks
  • Sirup jagung
  • Cuka
  • Minyak esensial lavender
  • Pengusir semut

Baca juga: 6 Aroma Minyak Esensial yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumah

Hilangkan jejak semut

Semut menggunakan feromon untuk meninggalkan jejak dan menandai wilayahnya. Jika ingin mengusir semut, maka feromon perlu dihilangkan. 

Cara termudah untuk menghilangkan jejak feromon bisa dengan menyemprotkan larutan cuka. Campurkan cuka dengan air, lalu semprotkan ke area yang sering dilalui semut. 

Gunakan bahan penolak alami

Cara mengusir semut lainnya yaitu menggunakan bahan penolak alami seperti minyak lavender dan peppermint. Bahan alami dinilai lebih efektif untuk mengusir semut dibandingkan bahan kimia. 

Robert Collins, pakar pengendalian hama di MyJobQuote.co.uk, mengatakan bahwa aroma lavender yang menyengat tidak disukai semut. Sebelum digunakan untuk mengusir semut, campurkan terlebih dahulu minyak lavender dengan air. 

Setelah itu, semprotkan larutan minyak lavender dan air di sekitar area yang paling sering dilalui semut. 

Baca juga: 3 Cara Ampuh Mengusir Semut dari Rumah dengan Bahan Alami

Gunakan semprotan pengusir semut

Jika tidak memiliki minyak esensial, maka bahan kimia untuk mengusir semut bisa digunakan. Namun, mengaplikasikan bahan pengusir kimia harus dilakukan dengan hati-hati.

Robert mengatakan larutan kimia pengusir semut bisa menimbulkan dampak negatif untuk tanaman, hewan peliharaan, maupun anak-anak. Jadi, pengaplikasiannya harus dilakukan sesuai petunjuk id kemasan. 

Hancurkan sarangnya

Ilustrasi semut, koloni semut.SHUTTERSTOCK/FERMARCOVICH Ilustrasi semut, koloni semut.

Terakhir, cara mengusir semut dari teras rumah yaitu menghancurkan sarangnya menggunakan air panas. Cara ini dinilai efektif untuk mengusir semut secara permanen. 

Peter Ivanov, pakar berkebun di Fantastic Gardeners, mengatakan menuangkan air mendidih langsung ke sarang semut bisa membunuh koloni serangga kecil ini. 

Baca juga: 5 Cara Mengusir Semut di Halaman Rumah, Bisa Pakai Bumbu Dapur

Namun, pastikan air panas tidak mengenai tanaman atau rumput di sekitar sarang karena bisa merusak tanaman atau rumput tersebut. 

Selain menuangkan air mendidih langsung, Peter juga menyarankan untuk mencampurkan air dengans abun cuci piring. Lalu, siramkan di sekitar sarang. 

Alternatif lainnya yaitu dengan mencampurkan boraks dan sirup jagung. Lalu, tuangkan di atas karton dan letakkan di tempat yang sering dilalui semut. 

Sirup jagung yang manis bisa menjadi umpan agar semut mau mendekat. Sedangkan borak bisa membunuh semut dengan efektif. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com