Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Oven Setelah Memanggang Kue Lebaran

Kompas.com - 03/04/2024, 16:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebaran tinggal menghitung hari. Ada banyak tradisi dan kebiasaan yang dilakukan untuk menyambut hari raya Idul Fitri. 

Salah satunya yaitu membuat kue kering, seperti nastar, kastengel, putri salju, dan lain sebagainya. Kue kering atau yang sering disebut juga sebagai kue Lebaran biasanya disajikan di meja ruang tamu untuk dinikmati bersama keluarga dan tamu yang datang berkunjung. 

Baca juga: Cara Membersihkan Oven dengan Lemon Anti Ribet

Tak hanya itu, kue kering juga terkadang dikirim sebagai hampers Lebaran ke keluarga, teman, atau kolega. 

Meskipun sudah banyak yang menjual kue Lebaran, masih banyak diantara kita yang lebih memilih membuatnya sendiri. Membuat kue Lebaran sebenarnya cukup mudah, akan tetapi memanggang kue dalam jumlah banyak membuat oven menjadi cepat kotor.

Oven yang telah digunakan untuk memanggang kue Lebaran sebaiknya segera dibersihkan agar noda yang tertinggal tidak mengerak. 

Dikutip dari Good Housekeeping, Rabu (3/4/2024), berikut cara membersihkan oven dengan cepat setelah memanggang kue Lebaran. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Oven dengan Baking Soda, Bebas Bau

Membersihkan rak oven

Ilustrasi membersihkan oven dengan pembersih oven.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi membersihkan oven dengan pembersih oven.

Salah satu bagian oven yang paling kotor setelah memanggang kue yaitu rak oven. Sebab, biasanya ada adonan kue yang tumpah ke area rak. 

Jika tidak segera dibersihkan, noda tersebut akan mengering dan semakin sulit dibersihkan. Cara membersihkan rak oven bisa dengan merendamnya dalam air panas yang sudah dicampur dengan 250 gram soda. 

Lalu, gosok perlahan rak oven dengan kertas aluminium dapur, bilas. Lalu, keringkan terlebih dahulu sebelum digunakan kembali. 

Selain itu, rak oven juga bisa dibersihkan dalam mesin pencuci piring. Rak oven juga bisa dibersihkan menggunakan air hangat dan detergen. 

Gunakan pembersih abrasif ringan untuk menghilangkan sisa kue dan lemak yang menempel di rak oven.

Baca juga: Cara Membersihkan Rak Oven dan Menjaganya Tetap Bersih

Cara membersihkan oven bagian dalam

Selain rak, bagian dalam oven juga akan terlihat kotor setelah memanggang kue Lebaran. Untuk membersihkan bagian dalam oven bisa menggunakan bahan pembersih khusus untuk oven. 

Ikuti petunjuk dari bahan pembersihkan tersebut agar tidak terjadi kesalahan saat proses pembersihan. Perlu diketahui bahwa bahan pembersih oven tidak bisa digunakan pada oven baja tahan karat. 

Jika ragu, cek terlebih dahulu cara pembersihan atau perawatan dari produsen oven yang digunakan. Selain itu, jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan karet dan pastikan membersihkan bagian dalam oven di ruangan berventilasi baik. 

Baca juga: Tips Membersihkan Oven dengan Soda Kue dan Cuka

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com