Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2023, 21:07 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring penggunaan, oven dapat kotor karena remah-remah makanan, minyak dan kotoran lainnya. Kotoran dapat menempel di bagian dalam, kaca, hingga bagian luar. 

Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan bahan alami yang mungkin sudah Anda miliki di dapur. Dengan beberapa langkah, oven Anda akan kembali bersih.

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Membersihkan Oven

Dilansir dari Real Simple, Sabtu (27/5/2023), berikut ini cara membersihkan oven dengan soda kue dan cuka.

Ilustrasi oven.UNSPLASH / Kam Idris Ilustrasi oven.

Membersihkan bagian dalam oven

Untuk membersihkan oven, Anda dapat menggunakan fitur self-cleaning pada oven, menggunakan pembersih oven yang dibeli di toko, atau membuat pembersih sendiri.

Jika Anda ingin membersihkan oven menggunakan pembersih alami yang dibuat sendiri, Anda dapat menggunakan soda kue, cuka, dan air.

Menurut Jessica Samson, director of national branding The Maids, kombinasi soda kue dan air adalah pembersih buatan sendiri yang ampuh.

Ia mengatakan, soda kue berfungsi sebagai bahan abrasif dan air melembutkan minyak yang terpanggang dan melonggarkan partikel makanan.

Baca juga: Simak, Ini 8 Cara Alami Membersihkan Oven

Ia menyarankan untuk membuat pasta, mengoleskannya pada permukaan bagian dalam oven dan membiarkannya selama 20 menit atau lebih lama untuk mengurai makanan yang gosong.

Anda juga dapat menambahkan sedikit cuka ke dalam campuran soda kue Anda untuk menambah daya pembersih. Semprotkan cuka di atasnya, biarkan menggelembung dan diamkan selama 20 menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com