Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mendekorasi Rumah untuk Menyambut Idul Fitri

Kompas.com - 27/03/2024, 09:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Puasa telah memasuki hari ke-17 dan Hari Raya Idul Fitri tinggal 13 hari lagi. 

Menjelang berakhirnya bulan suci Ramadan, umat Islam di seluruh dunia perlahan-lahan melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut Idul Fitri 1445, salah satunya mendekorasi rumah

Baca juga: Ingin Baju Lebaran Bisa Digunakan Berulang Kali? Simak 3 Tips Berikut

Mendekorasi rumah bisa dibilang sudah menjadi tradisi atau kegiatan yang rutin dilakukan menjelang perayaan Idul Fitri. 

Pasalnya, Lebaran juga menjadi momen berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga serta kerabat. Maka itu, penting mendekorasi rumah semanarik mungkin. 

Tak hanya itu, mendekorasi rumah juga dapat menciptakan suasana yang ingin diciptakan saat Idul Fitri, seperti ceria, tenang, hangat, dan menyenangkan. 

Nah, dilansir dari Eidparty dan House & Garden, Rabu (27/3/2024), berikut cara mendekorasi rumah untuk menyambut Idul Fitri

Pilih nuansa netral 

Jika Anda belum pernah mendekorasi rumah saat merayakan Idul Fitri  sebelumnya dan merasa tidak yakin item mana yang akan melengkapi ruangan, cobalah memilih warna yang lebih lembut dan netral sebagai permulaan.

Dengan menggunakan warna netral, Anda dapat merasakan apa yang disukai dan palet mana yang cocok untuk rumah atau ruangan. 

Dekorasi Idul Fitri bukan dimaksudkan untuk mendominasi rumah, melainkan menambah suasana kemeriahan. 

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Ruang Makan yang Bikin Tamu Betah Saat Idul Fitri

Lampu bergaya Arab

Ilustrasi lampu atau lentera bergaya Arab yang biasa digunakan untuk dekorasi Idul Fitri.Shutterstock/Aquarius Studio Ilustrasi lampu atau lentera bergaya Arab yang biasa digunakan untuk dekorasi Idul Fitri.
Selanjutnya, cara mendekorasi rumah untuk menyambut Idul Fitri adalah menggunakan lampu bergaya Arab. 

Pencahayaan atau lampu menjadi item penting dalam dekorasi, termasuk untuk Idul Fitri. Anda dapat menggunakan lampu yang terinspirasi dari Arab dengan memberikan jumlah cahaya tepat untuk menghangatkan malam dan melengkapi meja makan. 

Bisa pula menggantinya dengan lampu LED berkelap-kelip, yang memberikan nuansa lebih semarak selama perayaan Idul Fitri.

Balon

Hampir semua orang akan senang dengan ruangan yang dihiasi atau dipenuhi balon. Anda bisa memilih beragam balon, dari polos, berkilau, maupun bentuk huruf. 

Pastikan memilih gaya yang sesuai dengan skema warna dan anggaran Anda. Jika Anda tidak yakin, pilih balon berwarna mas atau perak untuk memberikan kesan perayaan Idul Fitri.  

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Bau Gosong Sisa Makanan Lebaran dari Microwave

Dinding fitur

Dinding fitur bisa menjadi cara mendekorasi rumah untuk menyambut Idul Fitri. Anda dapat menciptakan latar belakang yang menarik untuk semua kenangan foto Anda atau titik fokus untuk semua camilan lezat dengan dinding membuat fitur di rumah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com