Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dekorasi Ruang Tamu untuk Menyambut Idul Fitri

Kompas.com - 31/03/2024, 14:01 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Decorious

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Umat Islam di seluruh dunia mulai sibuk mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan hari raya. 

Salah satu bentuk persiapan menyambut Idul Fitri yaitu mendekorasi ruang tamu dengan pernak-pernik bernuansa Idul Fitri. 

Ornamen dekorasi Idul Fitri banyak ditampilkan di ruang tamu karena ruangan ini paling sering digunakan selama perayaan Idul Fitri. Tak hanya digunakan untuk menerima tamu, ruangan ini juga digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. 

Baca juga: Sambut Idul Fitri, Ini 5 Ide Mendekorasi Rumah yang Hangat dan Meriah

Maka dari itu, selama Idul Fitri ruang tamu perlu didekorasi dengan cantik agar nyaman saat ditempati. 

Dilansir dari Decorious, Minggu (31/3/2024), berikut ide dekorasi ruang tamu untuk menyambut Idul Fitri. 

Memasang lampu gantung berbentuk bintang dan bulan sabit

Ilustrasi ruang keluarga bergaya Maroko untuk ide dekorasi Idul Fitri.Shutterstock/JasminkaM Ilustrasi ruang keluarga bergaya Maroko untuk ide dekorasi Idul Fitri.

Pencahayaan yang tepat membuat ruang tamu terasa lebih terang dan hangat. Untuk menyambut Idul Fitri, memasang lampu gantung berbentuk bintang dan bulan sabit akan membuat ruang tamu terasa lebih nyaman. 

Selain itu, lentera tradisional juga bisa ditempatkan di ruang tamu dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri. 

Tak hanya dipasang di ruang tamu, lampu tersebut juga bisa ditempatkan di area luar ruangan seperti balkon dan teras. 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Idul Fitri yang Elegan dan Meriah untuk Rumah

Letakkan karpet dekoratif

Selanjutnya, ide dekorasi ruang tamu untuk menyambut Idul Fitri yaitu meletakkan karpet dekoratif. Karpet bermotif menarik seperti karpet Turki atau karpet persia bisa menjadi pilihan. 

Desain yang menarik dan material yang halus membuat lantai ruang tamu lebih nyaman dan halus saat disentuh. Selain itu, karpet juga membuat ruang tamu lebih hangat. 

Menyajikan kue di meja

Meja ruang tamu bisa digunakan untuk meletakkan beberapa kue kering yang menjadi sajian untuk tamu maupun keluarga di rumah. 

Ada beberapa kue kering yang biasanya disuguhkan saat Idul Fitri. Kue kering tak hanya enak dinikmati, namun juga membuat ruang tamu terlihat lebih menarik.

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Rumah untuk Menyambut Idul Fitri

Memasang karangan bunga di dinding

Ilustrasi lampu atau lentera bergaya Arab yang biasa digunakan untuk dekorasi Idul Fitri.Shutterstock/Aquarius Studio Ilustrasi lampu atau lentera bergaya Arab yang biasa digunakan untuk dekorasi Idul Fitri.

Jika ingin memberikan tampilan berbeda di dinding ruang tamu, maka salah satu caranya yaitu dengan memasang karangan bunga. 

Dekorasi ruangan ini membuat dinding lebih meriah dan indah. Padukan karangan bunga dengan lampu peri kelap-kelip dan hiasan bernuansa Islami seperti hiasan bintang, kubah masjid, bulan sabit, dan lain sebagainya untuk membuat ruangan terlihat lebih cantik. 

Baca juga: 8 Bunga yang Cocok Dekorasi Idul Fitri

Meletakkan bantal bermotif di sofa

Terakhir, ide dekorasi ruang tamu untuk menyambut Idul Fitri juga bisa dengan meletakkan bantal bermotif di sofa. 

Motif dan warna cerah di bantal bisa melengkapi keindahan ruang tamu dan membuat ruang tamu terasa lebih nyaman. Sesuaikan motif dan warna bantal dengan nuansa di ruangan tersebut agar terasa serasi dan harmonis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com