Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2024, 11:28 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Panci dan wajan merupakan perlengkapan memasang yang fungsinya sangat penting. Panci dan wajan hampir selalu ada di dapur rumah. 

Akan tetapi, ukuran dan bentuk yang berbeda, membuat panci dan wajan relatif sulit disimpan. Akibatnya, dapur akan terlihat lebih berantakan. 

Baca juga: 4 Cara Menyimpan Panci dan Wajan di Dapur agar Tidak Berantakan

Dilansir dari Reader’s Digest, Minggu (31/3/2024), berikut ini beberapa tips menata panci dan wajan berbagai bentuk serta ukuran di dapur. 

Gantung panci dan wajan

ilustrasi menggantung panci di dapurShutterstock/ben bryant ilustrasi menggantung panci di dapur

Cara menata panci dan wajan yang pertama bisa dengan menggantungnya di dinding maupun lemari dapur. 

Gunakan pengait yang kuat untuk menggantung perlengkapan masak tersebut.

Pasang pengait di area yang akan digunakan untuk menyimpan panci dan wajan, seperti dinding, meja dapur, atau lemari dapur. 

Baca juga: 7 Cara Menyimpan Panci dan Wajan Setelah Lebaran

Letakkan di lemari bawah wastafel

Tips menata panci dan wajan bisa dengan meletakkan di lemari bawah wastafel. Biasanya lemari ini digunakan untuk menyimpan perlengkapan kebersihan. 

Jika memiliki banyak panci dan wajan, sebaiknya pindahkan produk pembersih ke tempat lain dan gunakan lemari di bawah wastafel untuk menyimpan wajan dan panci. 

Lemari di bawah wastafel biasanya memiliki ukuran besar, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan banyak panci dan wajan. 

Baca juga: Cara Menyimpan Panci di Dapur Sempit agar Efisien dan Tetap Aman

Masukkan ke dalam laci

Jika memiliki laci yang cukup besar, panci dan wajan bisa dipasang di dalam laci tersebut. Selain membuat dapur lebih rapi, penyimpanan di dalam laci membuat panci dan wajan tetap bersih. 

Untuk mengefisienkan ruang penyimpanan, wajan bisa ditumpuk dengan wajan lain, dan panci dapat ditumpuk dengan panci lain. Sedangkan tutupnya bisa diselipkan di samping wajan atau panci. 

Simpan tutup panci di rak

ilustrasi panci di rak gantungShutterstock/Libby Huff ilustrasi panci di rak gantung

Tutup panci biasanya sulit disimpan karena bentuknya tidak simetris. Salah satu cara menata tutup panci yaitu dengan meletakkannya di rak. 

Belilah rak piring yang ukurannya cukup untuk menyimpan tutup panci. Jika memungkinkan, masukkan rak tersebut ke dalam lemari dapur.

Akan tetapi, jika tidak bisa dimasukkan ke dalam lemari, rak berisi tutup panci bisa ditempatkan di atas meja dapur atau area lain yang tidak mengganggu mobilitas di ruangan tersebut. 

Baca juga: 9 Trik Menyimpan Panci dan Wajan agar Dapur Tampak Tertata

Gunakan rak berdiri atau troli

Terakhir, tips menata panci dan wajan yaitu menggunakan rak berdiri atau troli yang diletakkan di sudut dapur. Rak ini memiliki ruang cukup banyak yang dapat digunakan untuk menyimpan panci, wajan, maupun alat masak lainnya. 

Pilih rak yang warnanya senada dengan konsep interior dapur agar tampilannya tetap cantik dan estetik, tanpa mengurangi fungsi utamanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com