Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Ruang Tamu Bergaya Skandinavia yang Estetik

Kompas.com - 31/03/2024, 08:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain Skandinavia selalu sukses membuat tampilan ruangan lebih cantik dan menarik. 

Ciri desain Skandinavia yaitu banyak menggunakan warna netral seperti putih, cokelat, abu-abu, dan hitam. Meski demikian, terkadang warna cerah seperti biru, merah muda, atau hijau juga digunakan sebagai aksen. 

Baca juga: 7 Ide Menerapkan Gaya Skandinavia di Rumah, Hadirkan Suasana Tenang

Desain Skandinavia juga banyak menggunakan ornamen dekorasi yang terinspirasi dari alam, seperti kayu, bulu palsu, dan berbagai serat alami yang membuat tampilan ruangan lebih cantik. 

Desain interior bergaya Skandinavia bisa ditampilkan di berbagai ruangan, termasuk ruang tamu. Dikutip dari My Domaine, Minggu (31/3/2024), berikut beberapa ide ruang tamu bergaya Skandinavia yang cantik dan menarik. 

Tampilkan skema warna serba putih

Ilustrasi ruang tamu bergaya Skandinavia.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang tamu bergaya Skandinavia.

Warna putih menjadi salah satu warna yang sering ditampilkan pada interior bergaya Skandinavia. Warna serba putih akan membuat ruangan terlihat lebih segar dan bersih. 

Contoh tampilan serba putih yaitu menggunakan karpet, dinding, dan furnitur berwarna putih. 

Baca juga: 8 Cara Mendekorasi Ruang Keluarga Bergaya Skandinavia

Tampilkan semburat warna cerah

Ide ruang tamu bergaya Skandinavia lainnya yaitu menampilkan semburat warna cerah sebagai aksen. 

Dinding, lampu, dan meja tetap menggunakan warna netral. Akan tetapi, sofa dan kursi menggunakan warna cerah seperti merah muda dan oranye. 

Semburat warna cerah membuat ruang tamu terasa lebih segar. Selain menampilkan semburat warna, tampilkan juga pola garis-garis bersih pada sofa agar ruangan terlihat lebih ramping. 

Dekorasi dengan warna gelap

Selain skema warna serba putih, ruang tamu Skandinavia juga bisa didekorasi dengan warna gelap seperti abu-abu dan hitam. 

Warna putih tetap bisa digunakan di dinding ruang tamu, akan tetapi karpet dan sofa menggunakan warna gelap, sehingga bisa menampilkan kontras yang menarik. 

Baca juga: 6 Pilihan Warna Interior Gaya Skandinavia, Ciptakan Nuansa Teduh

Berikan sentuhan alami

Ide ruang tamu Skandinavia lainnya yaitu menampilkan material alami seperti kayu. Misalnya, gunakan lantai kayu dan tekstur tenun pada kursi yang dapat melengkapi sofa serta dinding putih. 

Penambahan mural bergambar burung juga membuat ruang tamu terlihat lebih alami dan cantik. Jangan lupa untuk menempatkan tanaman hias di atas meja kopi untuk memberikan kesan segar di ruang tamu. 

Gunakan pencahayaan yang menarik

Ilustrasi lampu di ruang tamu SkandinavianShutterstock/virtua73 Ilustrasi lampu di ruang tamu Skandinavian

Ruang tamu bergaya Skandinavia biasanya membiarkan cahaya alami masuk dengan leluasa. Maka dari itu, biarkan jendela terbuka atau cukup tutupi dengan gorden tipis agar cahaya matahari tetap bisa masuk. 

Baca juga: 9 Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Skandinavia yang Hangat dan Lapang

Selain memanfaatkan cahaya alami, ruang tamu Skandinavia juga bisa didekorasi dengan pencahayaan buatan yang menarik. Misalnya, dengan menempatkan lampu berdiri berwarna monokrom di sudut ruangan. 

Itulah beberapa ide ruang tamu bergaya Skandinavia. Selain cantik dan menarik, ruang tamu Skandinavia juga nyaman saat ditempati. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com