Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membagi Ruangan Menjadi Ruang Tamu dan Ruang Makan

Kompas.com - 07/04/2024, 15:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggabungkan ruang tamu dan ruang makan dalam satu area yang sama akan menciptakan suasana yang luas dan ramah di dalam rumah. 

Akan tetapi, terkadang perlu dibuat zona yang jelas antara dua ruangan tersebut. Dengan memberikan zona yang jelas, maka akan tercipta ruangan yang lebih nyaman dan harmonis. 

Ada beberapa cara membagi ruangan menjadi ruang tamu dan ruang makan. Dilansir dari Cuura Space, Minggu (7/4/2024), simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Baca juga: 6 Cara Memisahkan Ruang Tamu dengan Ruang Makan

Tempatkan furnitur untuk menciptakan zona yang terpisah

Ilustrasi sofa di ruang tamu.Shutterstock/Artazum Ilustrasi sofa di ruang tamu.

Salah satu cara untuk membagi ruang tamu dan ruang makan yaitu menempatkan furnitur untuk menciptakan zona yang terpisah. Caranya bisa menggunakan sofa berukuran besar atau menyusun meja makan secara tegak lurus. 

Sofa berukuran besar atau berbentuk L bisa digunakan sebagai pembatas antara dua ruang. Meski dibatasi dengan sofa berukuran besar, ruangan akan tetap terasa terbuka dan mengalir. 

Metode ini sangat efektif diterapkan pada ruangan yang kecil. Namun, di ruangan terbatas pertimbangkan sofa berukuran lebih kecil. 

Selain menggunakan sofa, meja makan yang tegak lurus juga bisa membagi ruang tamu dan ruang makan. Tata letak ini sangat berguna ketika ruang tamu dan ruang makan berbagi dinding yang sama karena bisa memanfaatkan ruang yang tersedia dengan efektif. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Warna Sofa yang Tepat untuk Ruangan Kecil

Memasang pembatas atau partisi ruangan

Selanjutnya, cara membagi ruangan menjadi ruang tamu dan ruang makan yaitu dengan memasang pembatas atau partisi ruangan. 

Partisi ruangan bisa menggunakan rak buku atau tirai lipat. Selain digunakan untuk menyimpan buku, rak buku juga bisa digunakan untuk memisahkan ruang tamu dan ruang makan. 

Rak buku dapat menjaga rasa kesinambungan antara dua ruangan tersebut. Tak hanya rak buku, tirai lipat juga bisa digunakan untuk memisahkan ruang tamu dan ruang makan. Tirai lipat lebih fleksibel karena bisa dengan mudah dipindahkan dan disimpan. 

Baca juga: 5 Ide Partisi Dapur yang Estetik dan Fungsional

Menggunakan karpet

Karpet juga bisa digunakan untuk memisahkan ruang tamu dan ruang makan. Pilih karpet yang pas dengan batang ruang tamu, lalu susun furnitur di atasnya. 

Karpet akan menciptakan zona yang jelas antara dua ruangan tersebut, sekaligus menambah kehangatan dan tekstur di dalam ruangan. 

Memanfaatkan pencahayaan untuk menciptakan suasana berbeda

Ilustrasi lampu di ruang tamuSHUTTERSTOCK/EDVARD NALBANTJAN Ilustrasi lampu di ruang tamu

Menggabungkan berbagai jenis pencahayaan dapat membantu menciptakan suasana berbeda di ruang tamu dan ruang makan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com