Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Ruang Makan Bergaya Bohemian yang Cantik dan Anggun

Kompas.com - 30/03/2024, 20:48 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Dekorasi bergaya Bohemian atau Boho bisa diterapkan di berbagai ruangan, tak terkecuali ruang makan

Ruang makan bergaya Bohemian bisa memberikan kesan santai, anggun, dan mengundang. Tampilan yang cantik dan sederhana juga membuat ruang makan Boho tetap nyaman saat ditempati. 

Cara mendekorasi ruang makan Bohemian tidak sulit. Dilansir dari My Domaine, Sabtu (30/3/2024), berikut beberapa ide ruang makan bergaya Bohemian yang cantik dan menarik. 

Baca juga: 6 Tren Ruang Makan 2024, Bikin Suasana Rumah Lebih Segar

Menggunakan berbagai warna cerah

ilustrasi ruang makanShutterstock/New Africa ilustrasi ruang makan

Skema warna netral tidak perlu ditampilkan pada ruang makan Bohemian. Sebab, ruang makan Boho lebih banyak menggunakan warna yang cerah dan jarang digunakan seperti merah, cokelat tanah, hingga warna permata. 

Di ruang makan Boho, karpet warna-warnai bernuansa magenta, kuning, dan biru, bisa membuat ruangan lebih segar dan berenergi. Palet warna yang cerah juga dapat ditampilkan pada aksesori ruangan. 

Letakkan tanaman hias

Tidak lengkap rasanya, jika belum menempatkan tanaman hias di ruangan bergaya Bohemian. Tanaman hias akan membuat ruangan terasa lebih segar. 

Letakkan beberapa tanaman hias untuk memberikan efek rimbun dan menarik di berbagai sudut ruangan. Menempatkan beberapa jenis tanaman hias juga bisa menambah tekstur ruangan, sehingga terasa lebih hidup. 

Baca juga: 6 Inspirasi Dekorasi Ruang Makan dengan Warna Hijau

Variasikan berbagai pola

Selanjutnya, ide ruang makan bergaya Bohemian yaitu memadukan berbagai pola yang menarik. Pola atau motif bisa ditampilkan pada karpet atau wallpaper

Menampilkan berbagai pola akan membuat ruang makan terlihat lebih menarik dan unik. Padukan pola dengan warna cerah untuk memberikan kesan segar di dalam ruangan. 

Gunakan material dari serat alami

Serat alami seperti rami, rotan, dan tekstil bertekstur akan membuat ruang makan terasa lebih santai. Material alami bisa digunakan pada kursi, meja, karpet, hingga lampu.

Letakkan lampu gantung berukuran besar dari rotan yang memberikan kesan dramatis dan menarik di dalam ruangan tersebut. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Makan Minimalis dan Fungsional

Gunakan berbagai pencahayaan

ilustrasi ruang makanShutterstock/Ground Picture ilustrasi ruang makan

Ruang makan Boho yang dibuat terang akan terasa lebih nyaman dan lapang. RUang makan boho membutuhkan pencahayaan berlapis dalam bentuk lampu gantung yang menarik dan sepasang sconce

Pastikan perlengkapan pencahayaan tersebut dilengkapi dengan peredup, sehingga bisa memberikan cahaya hanya di sekitar meja makan.

Jangan lupa untuk menempatkan lilin di tengah-tengah meja makan untuk membuat suasana lebih menyenangkan. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Makan Modern Abad Pertengahan

Gunakan alas meja dari makrame

Terakhir, ide ruang makan bergaya Bohemian yaitu memasang alas meja makan dari makrame. Selain dapat melindungi meja makan, alas meja dari makrame juga membuat meja makan terlihat lebih menarik. 

Selain digunakan sebagai alas meja, makrame juga bisa dipajang di dinding ruang makan untuk menambah daya tarik visual. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com