Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Menciptakan Ruang Makan Kecil yang Fungsional dan Menarik

Kompas.com - 21/10/2023, 10:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang makan kecil harus bekerja ekstra keras untuk dapat mengakomodasi segala sesuatu, dari makan malam sederhana hingga pesta makan malam besar.

Ruang makan mungkin hanya sebuah ruangan kecil, bahkan hanya sudut dari dapur terbuka, tapi sekecil apapun ukurannya, Anda masih bisa membuat ruang makan yang indah dan praktis. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Ruang Makan Lebih Nyaman

Banyak ide ruang makan yang indah dapat diadaptasi untuk ruangan kecil, baik itu karena plafon yang rendah serta sudut yang canggung atau lebar yang sempit.

Rebecca Snowden, penasihat gaya interior di Furniture and Choice, mengatakan saat menata ruang kecil, pilih furnitur berfungsi ganda.

Manfaatkan ruang dinding, seperti memasang rak mengambang untuk penyimpanan tambahan atau menambahkan cermin bergaya untuk membuat ruang makan kecil terasa lebih besar.

Selain itu, jangan lupa mempertimbangkan ide pencahayaan di ruang makan kecil. Pencahayaan adalah aspek penting untuk membuat ruang makan kecil terasa lebih besar. 

"Jadi, buatlah pendekatan berlapis dengan menggabungkan lampu plafon yang dapat diredupkan dengan lampu lantai dan tempat lilin dinding. Biarkan cahaya alami masuk melalui tirai tipis," kata Rebecca.

Nah, dilansir dari Ideal Home, Sabtu (21/10/2023), berikut sejumlah ide menciptakan ruang makan kecil yang fungsional dan menarik.    

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Ruang Makan agar Terlihat Estetik

Gandakan penyimpanan dan dekorasi 

Ilustrasi ruang makan kecil, ruang makan sempit. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang makan kecil, ruang makan sempit.
Ketika memiliki ruang terbatas, Anda mungkin tidak memiliki kemewahan untuk menambahkan barang-barang penyimpanan dan dekoratif.

Namun, bukan berarti mengorbankan salah satunya dengan menyandingkan keduanya. Anda akan mendapatkan yang terbaik dari kedua hal tersebut.

Memilih lemari dengan pintu kaca adalah cara bagu melakukan hal ini dengan ide penyimpanan ruang makan kecil, yang memungkinkan Andamemajang barang-barang terbaik.

Inilah saatnya memamerkan porselen dan barang pecah belah terbaik Anda. Memiliki lemari dengan pintu kaca juga membantu ruang makan kecil terlihat lebih besar dengan memantulkan cahaya dan memungkinkan Anda melihat sampai ke bagian belakang lemari. 

Baca juga: 6 Tips Membuat Ruang Makan Nyaman dan Hangat

Hubungkan ke dapur

Selanjutnya, ide menciptakan ruang makan kecil yang fungsional dan menarik adalah menghubungkan ke dapur.

Tidak semua orang memiliki ruang untuk ruang makan terpisah dan ruang makan di dapur terbuka adalah pilihan populer di banyak rumah.

Saat menggabungkan dapur dengan ruang makan, perhatikan ruang lalu lintas dan bagaimana orang akan bergerak di sekitar ruangan dan ada cukup ruang untuk jalan, bahkan ketika kursi ditarik keluar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com