Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Ruang Makan Outdoor Terasa Lebih Besar dan Fungsional

Kompas.com - 22/06/2023, 21:04 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang makan outdoor atau luar ruangan dapat menjadi tempat menyenangkan untuk bersantap dan berkumpul bersama keluarga.

Bersantap di luar ruangan memberikan kesenangan meski tidak memiliki ruang terbuka yang luas. Dengan dekorasi tepat, ruang kecil juga bisa menjadi area nyaman untuk ruang makan outdoor

Dilansir dari Living Etc, Kamis (22/6/2023), berikut sejumlah cara membuat ruang makan outdoor terasa lebih besar dan fungsional.

Baca juga: 5 Cara Membuat Ruang Makan Outdoor Lebih Nyaman

Tambahkan cermin

Ilustrasi ruang makan di luar ruangan.Shutterstock/project1photography Ilustrasi ruang makan di luar ruangan.
Cermin adalah tambahan bagus untuk ruang makan outdoor berukuran kecil, terutama jika Anda menempatkannya di samping atau dekat dengan ruang makan.

Tidak hanya menambahkan kilauan indah pada area tersebut, cermin juga bisa menciptakan ilusi ruang makan yang lebih luas.

"Cermin adalah pilihan tepat untuk membuka ruang terbuka dengan memberikan ilusi pemandangan tersembunyi," kata Eddie Maestri, principal architect dan creative director Maestri Studio.

Baca juga: Alat Grill Outdoor Gas Vs Arang, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Hiasi dengan tanaman hijau

Baik memiliki beranda kecil, taman halaman, maupu teras, cara terbaik membuatnya menjadi tempat indah, unik, dan mengundang adalah menghiasi dengan banyak tanaman hijau.

Saat tanaman dan bunga menghiasi ruang dengan kerindangannya yang indah, dimensi ruangan yang kecil tidak akan terlihat.

Jika ruang makan outdoor kecil dekat dengan pinggiran rumah dan ingin memberikan kesan nyaman serta privasi, pertimbangkan enanam varietas tanaman tinggi yang memberikan keteduhan.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Berbelanja Furnitur Outdoor

Menambahkan pencahayaan overhead

Lampu memiliki kemampuan mengubah ruang dari kusam menjadi memesona. Gunakan lampu untuk mendandani ruang makan outdoor dan menambah kedalaman pada area luar ruangan.

Pertimbangkan string light di halaman belakang yang tidak terlalu terang, tapi menyebarkan pencahayaan merata.

Sheva Knopfler, Co-founder Lights.com, mengatakan untuk meningkatkan suasana luar ruangan dan membuatnya lebih mengundang, pertimbangkan string light dengan warna berbeda, yang menambahkan sentuhan warna menyenangkan pada tempat makan. 

Lampu-lampu ini juga dapat digantung di pagar, di antara pepohonan, atau pada tiang. "Saya juga menyukai tampilan string light yang digantung berderet di atas patio untuk pencahayaan overhead," katanya.

Baca juga: 6 Ide Pencahayaan di Ruang Makan, Beri Nuansa Hangat

Buat zona dengan karpet luar ruangan

Ilustrasi ruang makan di luar ruangan.Shutterstock/spacejoy Ilustrasi ruang makan di luar ruangan.
Pada ruang makan outdoor kecil, penggunaan karpet bisa sangat bermanfat. Tidak hanya menambah warna dan gaya pada area yang ramping, karpet juga dapat menciptakan kesan zonasi, membuat ruang makan menjadi titik fokus.

Jane Lockhart, pendiri Jane Lockhart Design, mengatakan,untuk kain, bahan yang tahan air dan matahari adalah terbaik.

Ia menyarankan memilih dari penyedia kain yang menunjukkan hal ini secara khusus pada label atau katalog mereka karena tidak semua kain dibuat untuk luar ruangan.

"Beberapa perusahaan membuat karpet penuh dari akrilik daur ulang yang dapat disemprot, sementara yang lain menggunakan berbagai jenis plastik yang terlihat dan terasa seperti karpet, tapi dibuat untuk dipakai di luar ruangan," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com