Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Posisi Terbaik Memasang Unit AC Outdoor di Luar Rumah

Kompas.com - 25/05/2022, 19:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain AC indoor, lokasi dan pemasangan unit AC outdoor atau luar ruangan juga perlu diperhatikan.

Sebagian orang memilih lokasi pemasangan unit AC luar ruangan di atas bantalan beton pada permukaan tanah. Padahal, sebenarnya unit AC outdoor direkomendasikan dipasang pada posisi lebih tinggi daripada unit AC indoor. 

Baca juga: Cata, Ini 9 Tips Membuat AC Bekerja Efektif

Dilansir dari Cohesivehomes.com, Rabu (25/5/2022), unit AC luar ruangan dapat dipasang di atap rumah, asalkan atap dalam keadaan datar dan mudah dijangkau.

Selain itu, unit AC luar juga bisa dipasang pada dinding luar rumah dengan ketinggian yang sama dengan unit AC dalam ruangan. Namun, pastika posisi tersebut membuat unit AC mudah diakses saat melakukan perbaikan dan pemeliharaan.

Pemasangan unit AC outdoor pada posisi yang lebih tinggi daripada unit AC indoor memiliki keuntungan, salah satunya menghindari polusi suara atau suara yang berisik.

Kompresor unit AC outdoor dapat menjadi komponen berisik dan menciptakan polusi suara yang tidak diinginkan jika dipasang pada permukaan bawah. 

Baca juga: AC Perlu Dinyalakan pada Musim Hujan, Ini Alasannya 

Dapat dipasang di atap, dinding luar ruangan, atau balkon

Kebisingan kompresor dapat menjadi gangguan bagi penghuni rumah. Untuk itu, memasang unit AC outdoor di balkon, atap, atau sisi bangunan bisa menjadi pilihan tepat untuk menghindari suara berisik tersebut.

Paling penting, pastikan tidak ada pembatasan aliran udara yang akan mengganggu unit AC outdoor untuk bekerja.

Untuk itu, sediakan ruang yang cukup dan pastikan unit AC dapat mudah diakses saat melakukan pemeliharaan. 

Baca juga: 5 Perbedaan AC dan Air Purifier, Mana yang Terbaik untuk Rumah? 

 

Pemasangan unit AC outdoor di atap atau tempat yang lebih tinggi juga dapat membantu aliran udara di sekitar serta meningkatkan efisiensi unit.

Refrigeran tidak perlu dipompa ke atas melawan gravitasi, melainkan turun dengan gravitasi, sehingga mengurangi beban kerja untuk pompa unit luar ruangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com