Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2022, 21:37 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun menggunakan energi listrik yang cukup banyak, AC tetap menjadi kebutuhan penting bagi kita yang tinggal di wilayah tropis. Banyak jenis dan merk AC yang beredar di pasaran membuatmu memiliki banyak sekali pilihan.

Kamu bisa menyesuaikan AC yang akan kamu beli dengan kebutuhan dan anggaran yang kamu miliki. Tentunya semakin baik kualitas AC semakin awet dan tahan lama saat digunakan.

Melansir dari Times of India, Sabtu (14/5/2022), Sebelum memilih AC untuk hunian mu, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan agar penggunaannya sesuai kebutuhan dan tahan lama.

Baca juga: Tips Memilih AC Portable agar Sesuai Kebutuhan

Kapasitas pendingin AC

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih AC adalah kapasitas pendinginannya. Mungkin AC tidak cukup dingin jika kamu salah memilih AC untuk ruanganmu.

Begitu pula sebaliknya memilih kapasitas AC yang terlalu besar untuk ruangan yang kecil juga dapat membuat ruanganmu terlalu dingin. Selain itu menggunakan AC sesuai kebutuhan juga akan membuatmu lebih hemat listrik.

Baca juga: 5 Cara Membuat AC Bekerja Lebih Efisien

Periksa komponen AC

salah satu hal yang berperan penting dan mempengaruhi kualitas AC adalah material pembuatannya.

Saat akan membeli AC coba tanyakan jenis koil dan material yang digunakan untuk membuat AC tersebut.

Koil berbahan tembaga mungkin sedikit lebih mahal namun memiliki performa yang sangat baik dibandingkan dengan koil aluminium.

Tanyakan juga kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan saat panas ekstrim. AC dengan kualitas rendah akan membutuhkan banyak energi untuk mendinginkan ruangan saat udara sangat panas.

Baca juga: Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau yang Keluar dari AC

Periksa suara yang dihasilkan AC

Ilustrasi pendingin ruangan atau AC (air conditioner), menyalakan AC.SHUTTERSTOCK/SEASONTIME Ilustrasi pendingin ruangan atau AC (air conditioner), menyalakan AC.

Jika kamu memilih menggunakan split AC umumnya suara dari mesin AC tidak akan terdengar. Kecuali jika kamu meletakkan mesin AC di dekat jendela, suaranya mungkin akan sangat mengganggu.

Sebelum membeli AC tanyakan potensi suara yang mungkin dihasilkan oleh AC, pilihlah AC yang menghasilkan sedikit suara.

Pastikan pula area pemasangan AC mu dirumah, jangan sampai suara AC mengganggu dan AC merusak tampilan estetik ruangan.

Baca juga: Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau yang Keluar dari AC

Tanyakan tentang garansi dan biaya servis

Jangan ragu untuk menanyakan tentang garansi dan biaya servis saat membeli AC. Sebaiknya kamu tidak tergoda untuk memilih AC karena tampilan luarnya saja, pilih merk AC yang sudah memiliki catatan jasa service yang baik. Jika tidak ada jangan ragu untuk menanyakan ke dealer tempat pembelian AC mu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com