Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2022, 18:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas yang terjadi belakangan ini membuat penggunaan AC di dalam rumah meningkat. 

Akan tetapi, penggunaan AC yang terlalu sering dan lama dapat mempengaruhi kinerjanya, membuat tagihan listrik melonjak, dan memperpendek usia AC. 

Untungnya, dilansir dari H & H Conditioning, Kamis (12/5/2022), ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat AC bekerja lebih efisien seperti berikut. 

Baca juga: 4 Hal yang Menyebabkan Air AC Tidak Menetes Keluar 

Atur suhu yang sesuai

Ilustrasi AC. Shutterstock/evrymmnt Ilustrasi AC.
Langkah pertama membuat AC bekerja lebih efisien adalah hanya mendinginkan ruangan yang digunakan. Untuk itu, tutup pintu antara ruangan AC yang menyala dan tidak menyala untuk memberikan rasa dingin sekaligus membuat AC bekerja efisien. 

Beri rumah ventilasi sebanyak mungkin untuk membiarkan angin yang lebih sejuk masuk ke rumah. Dengan begitu, Anda bisa mematikan AC pada pagi dan malam hari. Jangan lupa mematikan sumber panas lainnya seperti printer, lampu, dan komputer.

Saat menyetel termostat, ingatlah bahwa untuk setiap derajat yang lebih dingin dari Anda menyetel dapat menambah tagihan listrik lebih tinggi hingga 10 persen.

Selain itu, semakin kecil perbedaan antara suhu di dalam dan di luar ruangan, semakin rendah penggunaan listrik. Pada musim panas, disarankan menyetel termostat antara 24 dan 26 derajat Celcius. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau yang Keluar dari AC 

Perbaiki sumber panas dari luar 

Sekali lagi, saat menyetel termostat, ingatlah bahwa semakin kecil perbedaan antara suhu di dalam dan luar ruangan, semakin baik. 

Jadi, saat musim hujan atau cuaca yang lebih dingin disarankan menyetel termostat antara 18 dan 20 derajat Celcius.

Untuk meningkatkan kinerja AC, meminimalkan celah atau lubang angin di rumah dengan memperbaiki segel pintu yang rusak atau menggunakan strip cuaca untuk memblokir celah. 

Baca juga: Hati-hati, Ini Dampak Kesehatan jika AC Jarang Dibersihkan 

Lakukan perawatan 

Menjaga unit AC tetap terawat dengan baik dapat membuat AC bekerja lebih efisien. Filter AC harus diperiksa setiap bulan, terutama selama periode penggunaan yang berat.

Sebab, filter yang kotor akan memperlambat aliran udara dan membuat AC bekerja lebih keras. Filter juga harus diganti setidaknya setiap tiga bulan atau lebih. 

Selain itu, pastikan unit AC di dalam ruangan tidak terhalang tanaman, furnitur, atau gorden. Pastikan juga membersihkan unit AC di luar ruangan dari debu dan dedaunan. 

Sebab, aliran udara yang terhalang kotoran dapat membuat kompresor harus bekerja lebih keras sehingga boros energi dan mengeluarkan biaya operasional yang lebih tinggi. 

Baca juga: Penyebab AC Mengeluarkan Suara Berdengung dan Solusinya 

Gunakan pengaturan

Ilustrasi AC atau pendingin udaraShutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi AC atau pendingin udara
Untuk membuat AC bekerja efisien, sebaiknya memahami fungsi yang ditawarkan oleh pengaturan internal.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com