Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Melakukan Perawatan AC dari Waktu ke Waktu

Kompas.com - 04/05/2022, 12:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) merupakan peralatan elektronik yang berfungsi menyejukkan atau mendinginkan ruangan

Untuk membuat AC terus bekerja optimal dan bertahan lama, penting untuk melakukan perawatan. 

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Tips Menghemat Listrik saat Menggunakan AC

Sayangnya, banyak orang yang abai melakukan perawatan AC ini sampai menemukan masalah seperti tidak maksimal mendinginkan ruangan, mengeluarkan bau dan suara bising, serta meningkatkan tagihan listrik

Karena itu, penting melakukan perawatan AC dari waktu ke waktu untuk mencegah permasalah tersebut. Lantas, apa saja manfaat merawat AC

Dikutip dari My Decorative, Rabu (4/5/2022), berikut lima manfaat merawat AC dari wakti ke watu. 

Baca juga: 5 Penyebab AC Mengeluarkan Udara Panas 

Meningkatkan performa AC 

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.SHUTTERSTOCK/BUTSAYA Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.
Tidak mungkin menjalankan AC dengan cara yang diinginkan jika tidak melakukan perawatan rutin. Misalnya, jika satu ruangan terasa dingin, tetapi ruangan lain mungkin terasa seperti oven panas, artinya Anda belum melakukan perawatan AC di ruangan kedua.

Akibatnya, berbagai bagian AC mungkin mengalami keausan dan debu dapat menumpuk di dalam sistem AC. Itulah sebabnya AC bekerja kurang efektif. 

Selain itu, kondisi ini memberikan lingkungan yang kurang nyaman. Karena itu, penting melakukan perawatan AC untuk membantu meningkatkan kinerjanya. 

Baca juga: 6 Tips Menghemat Penggunaan AC dan Listrik Saat Cuaca Panas

Memperpanjang umur AC

Kebanyakan orang percaya bahwa melakukan perawatan AC dari waktu ke waktu akan sedikit memakan biaya. Namun, jika tidak merawatnya dengan benar, Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang. 

Hal ini terjadi karena tidak memberikan perawatan optimal pada AC. Akibatnya, AC dapat berhenti bekerja dan membuat Anda harus membeli AC baru yang mungkin lebih mahal daripada biaya perawatannya.

Setiap pemilik rumah ingin AC mereka bertahan lama dan karenanya penting memelihara serta memperbaiki sistem dengan benar untuk meningkatkan umurnya. 

Baca juga: 6 Penyebab dan Cara Mengarasi AC Tidak Dingin

Mempertahankan garansi

Ilustrasi AC. Shutterstock/evrymmnt Ilustrasi AC.
Selanjutnya, manfaat merawat AC adalah dapat mempertahankan garansi. Sebagian besar AC datang dengan garansi pabrik dan garansi ini memberikan perlindungan untuk komponen AC yang berbeda seperti kompresor selama beberapa tahun setelah pemasangannya.

Garansi ini juga dilengkapi dengan syarat dan ketentuan lain yang hanya melindungi Anda dari beberapa risiko saat melakukan tune-up tahunan.

Jika Anda melewatkan tahun apa pun, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan cakupan garansi gratis.

Jadi, untuk menikmati garansi dari pabrikan, Anda harus tetap merawat AC dengan baik. Hal ini karena banyak produsen selalu ingin menutupi sistem tersebut dipelihara dan dirawat dengan baik oleh pemilik rumah. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan AC di Kamar Tidur  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com