Kompas.com - 22/05/2022, 07:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin udara (AC) dan pembersih udara atau air purifier mungkin terlihat serupa dan terasa seperti melayani tujuan yang sama, padahal kedua peralatan elektronik ini sangat berbeda. 

Baik AC maupun air purifier memiliki fungsi dan fitur berbeda meski sama-sama merupakan investasi yang berguna untuk rumah

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Dapat Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC

AC mengatur suhu ruangan dengan meniupkan udara melalui kumparan dingin. Air purifier menghilangkan partikel berbahaya di udara sehingga membuat udara bersih dan aman untuk bernapas.

Untuk mengetahui lebih lanjut keduanya, dikutip dari My Decorative, Minggu (22/5/2022), berikut ini sejumlah perbedaan antara AC dan air purifier yang perlu diketahui. 

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Air Purifier untuk Dapur 

AC mendinginkan udara, air purifier membersihkan udara

Ilustrasi AC atau pendingin udaraShutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi AC atau pendingin udara
Dari segi kinerja, AC dirancang untuk menyejukkan ruangan saat cuaca panas. AC tidak menghilangkan kontaminan dari udara meski filter AC dapat menjebak beberapa partikel besar seperti debu dan serbuk sari.

Di sisi lain, air purifier membersihkan rumah dari kontaminan yang dapat berbahaya bagi kesehatana. Meski tidak dapat menurunkan suhu ruangan, air purifier dapat mengatasi banyak polutan udara dalam ruangan seperti bakteri, spora jamur, dan partikel asap.

Jika ingin merasa nyaman di dalam ruangan selama bulan-bulan musim panas dan menghirup udara yang lebih bersih sepanjang tahun, Anda dapat menggunakan air purifier dan AC atau mendapatkan unit lengkap yang menjalankan kedua fungsi tersebut. 

Baca juga: Cara Merawat AC Portable agar Tetap Awet dan Dingin

Air purifier sangat bagus untuk orang dengan alergi dan COPD

Air purifier dapat membantu Anda bernapas lebih mudah sehingga alat ini cocok untuk mereka yang memiliki asma dan alergi. 

Namun, apa pun alergi atau kondisi pernapasan Anda, apakah itu alergi musiman, COPD (penyakit paru obstruktif kronis), bahkan alergi tungau debu, air purifier dapat menjadi solusi berharga.

Di sisi lain, AC terbukti bermanfaat bagi mereka yang memiliki gangguan pernapasan, tetapi tidak dapat mentoleransi kelembapan tinggi. Jika memiliki AC di rumah, pertimbangkan membeli air purifier juga. 

Baca juga: Ini Posisi Terbaik Meletakkan Air Purifier di Kamar Tidur

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.