Kompas.com - 21/05/2022, 11:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman gantung adalah salah satu cara terbaik menambahkan warna ke taman, teras, bahkan beberapa area di dalam rumah atau ruangan. 

Namun, sama dengan tanaman pot atau ditanaman langsung di tanah, tanaman gantung harus mendapat penyiraman sesuai dengan kebutuhannya untuk menjaga pertumbuhan yang baik. 

Baca juga: 7 Tanaman Gantung Populer untuk Diletakkan di Teras Rumah

Jason VanderMay, pakar West Coast Gardens dengan lebih dari 20 tahun pengalaman merawat tanaman gantung, mengatakan keranjang tanaman gantung yang cantik dapat menciptakan tampilan pintu depan atau teras musim panas yang lebih baik, terlebih bila tanaman dipenuhi bunga mekar dan dedaunan yang cerah. 

Namun, menggantung tanaman, Anda harus mulai memikirkan bagaimana cara merawat tanaman gantung tersbeut, terutama berapa banyak air yang dibutuhkannya. 

Menurut para ahli, dilansir dari Express Daily UK, Sabtu (21/5/2022), waktu yang Anda pilih untuk menyiram tanaman gantung bisa berdampak besar pada masa hidup tanaman. 

Baca juga: 5 Tanaman Gantung yang Dapat Mengubah Suasana Ruangan 

Ilustrasi tanaman gantungUnsplash/Angèle Kamp Ilustrasi tanaman gantung
Tanaman gantung adalah tanaman yang haus dan membutuhkan banyak air untuk bertahan hidup pada hari-hari musim panas.

Tanaman gantung berukuran 30-40 sentimeter membutuhkan 3,5 liter air setiap kali Anda menyiramnya.

Pada suhu yang lebih dingin, tanaman gantung hanya perlu disiram sekali sehari. Namun, saat suhu naik atau panas, tanaman gantung perlu mendapat penyiraman lebih menjadi dua kali sehari. 

Baca juga: 5 Tanaman Gantung di Dalam Ruangan yang Dapat Menjernihkan Udara 

Kapan waktu terbaik menyiram tanaman gantung?

VanderMay mengatakan menyiram tanaman gantung tidak boleh dilakukan pada malam hari karena tanaman tidak suka tidur dengan akar basah. 

Waktu terbaik menyiram tanaman gantung adalah antara pukul 05.00 sampai 09.00. Waktu ini memastikan bahwa tanaman gantung memiliki kelembapan yang cukup dan tetap terhidrasi melalui jam-jam terpanas hari itu.

Jika daerah Anda mengalami musim panas yang sangat panas, VanderMay merekomendasikan menyiram tanaman gantung ukedua kalinya antara pukul 16.00-17.00. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.