Kompas.com - 21/05/2022, 08:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan dinding bekas wallpaper perlu dilakukan jika Anda ingin mengecat dinding. Dinding bekas wallpaper yang tidak dibersihkan dengan benar bisa menciptakan tampilan yang tidak sedap dipandang dan sulit untuk dicat kemudian. 

Persiapan adalah kunci untuk pengecatan, dan kualitas pekerjaan cat bergantung pada waktu dan usaha yang Anda lakukan untuk menambal dan menyegel dinding.

Berikut cara membersihkan dinding bekas wallpaper agar siap untuk dicat.

Baca juga: 6 Cara Memilih Wallpaper yang Tepat untuk Kamar Mandi

Ilustrasi wallpaper - Tampilan ruangan dengan wallpaper.SHUTTERSTOCK / Photographee.eu Ilustrasi wallpaper - Tampilan ruangan dengan wallpaper.

1. Kikis sisa wallpaper

Anda dapat mengikis sisa wallpaper di dinding dengan menyemprotkan larutan buatan sendiri. Dikutip dari HGTV, Sabtu (21/5/2022), ada dua jenis larutan yang dapat dibuat sendiri untuk mengikis sisa wallpaper.

Pertama, campurkan seperempat pelembut kain dengan tiga perempat aid panas. Adapun cara kedua adalah mencampurkan sepertiga cuka dan dua pertiga air.

Anda mungkin menemukan bahwa larutan yang satu bekerja lebih baik pada wallpaper daripada yang lain. Akan tetapi, air panas adalah bahan yang paling penting.

Campurkan air panas dari keran atau ketel dengan salah satu larutan dalam penyemprot bertekanan. Dengan lantai dan outlet listrik tertutup dan terlindungi, Anda siap membasahi dinding.

Baca juga: Cara Memasang Wallpaper Dinding agar Menempel dengan Sempurna

Sebelum Anda mulai, kenakan kacamata pengaman untuk melindungi mata. Sediakan tempat sampah besar di dekatnya sehingga Anda dapat menempatkan potongan besar wallpaper langsung ke dalamnya.

Ini akan menghemat waktu untuk pembersihan nanti. Banyak potongan kecil akan jatuh ke lantai. Terpal plastik akan menangkapnya dan membuat pembersihan akhir menjadi lebih mudah.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.