Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Cantik, Ini Manfaat Tanaman Gantung untuk Kesehatan

Kompas.com - 01/12/2020, 15:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini banyak orang yang lebih memilih merawat tanaman gantung, selain lebih menghemat ruang, tanaman gantung ini juga lebih mempercantik ruangan.

Berbeda dengan tanaman yang ada di dalam pot, tanaman gantung ini juga dapat menjadi elemen dekoratif dalam ruangan.

Dilansir dari Hanging Garden, Selasa (1/12/2020), ada berbagai kelebihan merawat tanaman gantung ini.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Gantung yang Mampu Mempercantik Ruangan

Berkebun secara vertikal atau dengan menggunakan pot gantung lebih menghemat ruang, sehingga tanaman gantung ini menjadi solusi dalam ruangan terbatas.

Selain itu, jika tanaman gantung ini diletakkan di dalam rumah, udara di dalam rumah akan lebih segar, serta suhu dalam rumah pun menjadi lebih sejuk.

Tanaman gantung ini juga dapat menjadi pemisah ruang, misalnya pemisah antara ruang keluarga dan ruang tamu. Anda bisa menggantukannya di tengah-tengah ruangan tersebut.

Merawat tanaman gantung juga memberikan nuansa yang berbeda di dalam rumah.

Baca juga: Mau Meletakkan Tanaman Hias Gantung di Dalam Rumah? Ini Panduannya

Manfaat di dalam ruangan

Sebuah penelitian menemukan bahwa tanaman dapat mempengaruhi kualitas udara secara positif. Misalnya, sebuah studi tahun 1989 menilai penggunaan tumbuhan untuk menghilangkan formaldehida dan zilen dari udara dalam studi ruang uji.

Penelitian ini dipicu oleh studi EPA yang menemukan bahan kimia tingkat tinggi ini terdapat di gedung perkantoran yang baru dibangun pada tahun 1990-an.

Bahan kimia tersebut biasanya ditemukan pada bahan bangunan dan perabotan.

Para peneliti menemukan bahwa tanaman efektif dalam menghilangkan bahan kimia dari udara di ruang uji secara terus menerus. Baik daun tanaman maupun mikroorganisme di dalam tanah berkontribusi pada peningkatan kualitas udara.

Baca juga: Panduan Merawat Tanaman Hias Gantung

Manfaat jika diletakkan di dinding

Di bawah paparan sinar matahari, dinding kosong akan berkontribusi pada konduksi panas di dalam gedung, membuat suhu internal gedung meningkat, dan berkontribusi pada efek 'panas' perkotaan.

Tetapi jika dinding ditanamin tanaman hijau, yang terjadi adalah daun tanaman kehilangan air melalui evapo-transpirasi, sehingga dapat menurunkan suhu udara dan bangunan di sekitarnya.Dinding hijau juga dapat menekan suhu.

Sementara itu, sebuah penelitian menunjukan bahwa penempatan tanaman di dinding jalan dapat mengurangi konsentrasi nitrogen dioksida hingga 40 persen dan partikel mikroskopis naik menjadi 60 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com