Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2020, 14:39 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Philodendron merupakan salah satu pilihan tanaman hias yang menjadi tren di tengah ramainya kegiatan berkebun yang dilakukan masyarakat.

Philodendron merupakan sejenis tumbuhan dari suku Araceae, yang mempunyai banyak spesies. Namanya berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata philo (cinta) dan dendron (pohon).

Meski memiliki arti nama pohon cinta, tidak semua jenis philodendron memiliki bentuk menyerupai lambang cinta. Namun, keindahan bentuk dan warna-warni daun philodendron mampu membius mata para pecinta tanaman hias.

Baca juga: Philodendron, Tanaman Hias yang Cocok untuk Pemula

Di bawah ini ada 7 jenis philodendron yang sedang hits dan ramai diburu, dikutip dari berbagai sumber, Selasa, (1/12/2020).

1. Philodendron black cardinal

Black cardinal merupakan tanaman hias daun jenis philodendron yang sangat unik yang memiliki daun cantik sedikit mengkilap berwarna kehitaman yang sangat elegan.

Philodendron black cardinal memiliki kisaran harga mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 900.000.

2. Philodendron bipinnatifidum

Philodendron bipinnatifidum juga disebut philodendron selloum, selloum, atau lacy tree philodendron, yang berasal asli dari Amerika Selatan terutama sepanjang Brazil, Argentina, Bolivia, dan Paraguay.

Baca juga: Bisakah Philodendron Hidup di Luar Ruangan?

Bentuk daun philodendron bipinnatifidum bergerigi, membentuk seperti jari manusia, dengan kuantitas daun yang banyak atau rimbun, serta ukurannya menjadi besar. Harga philodendron jenis ini sekitar Rp 45.000 hingga Rp 200.000.

3. Phillodendron bob cee

Philodendron bob cee memiliki bentuk daun yang panjang dan bergerigi seperti gergaji dengan warna daun hijau keseluruhan.

Karena bentuknya yang unik membuat harga philodendron bob cee cukup tinggi, yakni mencapai Rp 500.000 - Rp 5,5 jutaan.

4. Philodendron billietiae

Philodendron billietiae adalah spesies tanaman hemi-epifit dalam genus Philodendron yang berasal dari Brasil, Guyana, dan Guyana Perancis.

Philondendron billietiae dikenal terutama karena tangkai daun oranye-kuningnya yang khas dan bergelombang dengan tepi daun bergerigi. Harganya mencapai Rp 300.000 - Rp 6,5 jutaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com