Kompas.com - 21/05/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecoak merupakan hama paling mengganggu yang muncul di rumah. Kecoak dapat berkembang cepat dan meninggalkan jejak kotor di berbagai area rumah, khususnya dapur dan kamar mandi.

Natasha Wright Board, Certified Entomologist and Technical Director di Braman Termite & Pest Eliminatio, mengatakan mengusir kecoak dari rumah tidak perlu menggunakan bahan kimia keras atau beracun. 

Baca juga: Ketahui, Ini 3 Area Persembunyian Kecoak di Kamar Mandi

Menurut para ahli pengendalian hama, membasmi kecoak dapat dilakukan secara alami menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. 

Dilansir dari Homes and Gardens, Sabtu (21/5/2022), berikut lima bahan alami yang dapat membasmi kecoak dari rumah.  

Gula dan boraks

Ilustrasi gula, gula pasir. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi gula, gula pasir.
Natasha mengatakan boraks efektif membasmi kecoak karena secara perlahan mengeringkan kerangka luar serangga, mempengaruhi sistem pencernaannya, dan akhirnya membunuhnya.

Ahli entomologi merekomendasikan mencampur boraks dan gula dengan perbanding 3:1 sebelum menyebarkannya di area-area yang merupakan sarang kecoak. 

Baca juga: 7 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Kecoak di Dapur 

Minyak peppermint

Minyak peppermint adalah salah satu bahan pencegah hama yang paling terkenal di pasaran. Tah heran, bila minyak ini efektif membasmi serangan kecoak.

"Semprotan minyak peppermint dapat mencegah kecoak dengan cara tidak beracun dan aman digunakan di sekitar anak-anak," ucap Natasha.

Pakar menyarankan mencampur 15 tetes minyak peppermint dengan 10 ons air sebelum menyemprotkannya di sekitar area yang terinfeksi. 

Baca juga: 3 Cara Membasmi Kecoak dengan Baking Soda dan Gula 

Sabun cuci piring

Ilustrasi sabun cuci piring terbuat dari ekstrak jeruk nipis.SHUTTERSTOCK/PHENPHAYOM Ilustrasi sabun cuci piring terbuat dari ekstrak jeruk nipis.
Campuran air dan sabun cuci piring sangat efektif membasmi kecoak. Campuran ini dapat mencekik dan membunuh kecoak. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.