Kompas.com - 21/05/2022, 15:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing membutuhkan nutrisi atau makanan untuk tetap bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Namun, ketika sedang makan, Anda harus memperhatikan bagaimana cara makan kucing peliharaan.

Sama dengan manusia, kucing yang makan terlalu cepat dapat menghadapi sejumlah efek buruk dan memerlukan bantuan untuk memperlambatnya. 

Baca juga: Tanda-tanda Kucing Sedang Merasakan Sakit

Untuk mengatasi kucing pelihaaaan yamg makan terlalu cepat, ada beberapa trik yang dapat dilakukan

Dilansir dari Cuteness, Sabtu (21/5/2022), ada beberapa penyebab kucing makan dengan cepat, salah satunya sangat lapar.

Ini mungkin karena sahabat bulu tidak memiliki jadwal makan yang teratur, harus bersaing makan dengan kucing peliharaan lain di dalam rumah, atau dipaksa makan sebelum kucing lain melakukannya.

Alasan lain kucing makan terlalu cepat karena merasa bosan atau kurang terstimulasi secara mental. Kondidi ini tidak jarang terjadi pada kucing dalam ruangan dan kucing dewasa muda yang membutuhkan olahraga teratur. 

Baca juga: Tanda-tanda Kucing Sedang Merasakan Sakit

Efek samping makan cepat

Ilustrasi kucing makanUnsplash/Felice Wölke Ilustrasi kucing makan
Salah satu efek samping dari makan terlalu cepat yang dilakukan kucing adalah regurgitasi atau keadaan cairan yang naik ke lambung. Ini dapat terjadi saat kucing melahap makanannya sendiri.

"Muntah terjadi ketika refleks peregangan kucing di perut menjadi terpicu," jelas Bishop Ranch Veterinary Center.

Reaksi ini biasanya muncul sebagai potongan makanan yang tidak tercerna, sering kali berbentuk tabung atau bulat. Kucing diketahui sering memuntahkan makanan karena kebiasaan makannya yang tidak teratur. 

Baca juga: Alasan Kucing Suka Menjilati Cakarnya Sehabis Makan

Untuk itu, kucing peliharaan yang muntah secara teratur seperti lebih dari beberapa kali per bulan, perlu mendapat bantuan untuk memperlambat waktu makannnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Cuteness
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.