Kompas.com - 21/05/2022, 12:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Permukaan luar peralatan elektronik berbahan plastik berwarna putih seperti blender, rice cooker, dan microwave dapat berubah warna menjadi kekuningan seiring berjalannya waktu.

Hal ini bisa disebabkan usia penggunaan yang sudah lama, paparan cahaya dan panas, dan noda nikotin. 

Baca juga: Ketahui, Ini Perbedaan Blender dan Food Processor

Lantaran menghasilkan panas, sulit mencegah permukaan peralatan elektronik tidak menguning, tetapi Anda dapat memperlambat prosesnya dan menghilangkannya.

Apabila perubahan warna hanya mempengaruhi permukaan alat dan tidak terlalu dalam, Anda dapat menghapus sebagian besar noda dan memutihkan peralatan kembali.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Sabtu (21/5/2022), berikut cara mengatasi permukaan luar peralatan elektronik yang menguning. 

Baca juga: 7 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedap di Microwave

Alat dan bahan yang dibutuhkan 

Baca juga: 5 Penyebab Keramik Kamar Mandi Menguning

Cara membersihkan 

Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan lemari es.SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan lemari es.
1. Bersihkan permukaan peralatan elektronik dengan kain lembap. Seka semua permukaan yang menempel.

2. Campurkan setengah cangkir pemutih, seperempat cangkir baking soda, dan empat cangkir air hangat ke dalam mangkuk. Kemudian, sduk rata agar baking soda tidak terkumpul di dasar mangkuk. 

Baca juga: 7 Peralatan Elektronik yang Mengonsumsi Banyak Listrik, Apa Saja?

3. Basahi spons bersih dengan larutan pemutih, lalu seka semua permukaan luar peralatan elektornik, dan biarkan meresap selama 10 menit.

4. Setelah itu, bersihkan sisa larutan pembersih dengan lap bersih dan lembap, lalu lakukan lagi mengelap menggunakan kain kering yang bersih. 

Baca juga: Cara Membersihkan Pintu Kulkas yang Menguning dengan Pasta Gigi 

Cara mencegah peralatan elektronik menguning 

Untuk noda yang lebih membandel, gosok peralatan dengan gel gosok yang agak abrasif atau larutan dua sendok makan baking soda ke dalam satu liter air.

Setelah itu, bilas peralatan sampai bersih dan seka menggunakan lap kering. Untuk mencegah peralatan menguning, bersihkan peralatan secara menyeluruh setiap seminggu sekali. 

Namun, hindari menggabungkan pemutih dengan amonia atau pembersih rumah tangga lainnya karena kombinasi ini dapat menghasilkan gas beracun yang dapat menimbulkan bahaya di rumah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.