Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengatasi Permukaan Luar Peralatan Elektronik yang Menguning

Hal ini bisa disebabkan usia penggunaan yang sudah lama, paparan cahaya dan panas, dan noda nikotin. 

Lantaran menghasilkan panas, sulit mencegah permukaan peralatan elektronik tidak menguning, tetapi Anda dapat memperlambat prosesnya dan menghilangkannya.

Apabila perubahan warna hanya mempengaruhi permukaan alat dan tidak terlalu dalam, Anda dapat menghapus sebagian besar noda dan memutihkan peralatan kembali.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Sabtu (21/5/2022), berikut cara mengatasi permukaan luar peralatan elektronik yang menguning. 

2. Campurkan setengah cangkir pemutih, seperempat cangkir baking soda, dan empat cangkir air hangat ke dalam mangkuk. Kemudian, sduk rata agar baking soda tidak terkumpul di dasar mangkuk. 

3. Basahi spons bersih dengan larutan pemutih, lalu seka semua permukaan luar peralatan elektornik, dan biarkan meresap selama 10 menit.

4. Setelah itu, bersihkan sisa larutan pembersih dengan lap bersih dan lembap, lalu lakukan lagi mengelap menggunakan kain kering yang bersih. 

Cara mencegah peralatan elektronik menguning 

Untuk noda yang lebih membandel, gosok peralatan dengan gel gosok yang agak abrasif atau larutan dua sendok makan baking soda ke dalam satu liter air.

Setelah itu, bilas peralatan sampai bersih dan seka menggunakan lap kering. Untuk mencegah peralatan menguning, bersihkan peralatan secara menyeluruh setiap seminggu sekali. 

Namun, hindari menggabungkan pemutih dengan amonia atau pembersih rumah tangga lainnya karena kombinasi ini dapat menghasilkan gas beracun yang dapat menimbulkan bahaya di rumah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/21/125600276/cara-mengatasi-permukaan-luar-peralatan-elektronik-yang-menguning

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke