Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2022, 22:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Air purifier atau pembersih udara berfungsi membersihkan udara yang Anda hirup dengan menyaring partikel, patogen, dan racun yang mengambang tanpa terdeteksi di udara. 

Selain itu, air purifier juga membantu bayi, anak kecil, mereka yang memiliki asma dan alergi, individu dengan sistem kekebalan lemah, serta orang tua untuk memperoleh udara yang bersih juga sehat. 

Baca juga: 6 Alasan Perlu Membeli Air Purifier Berkualitas Tinggi

Dilansir dari Hunker, Kamis (17/3/2022), air purifier paling efektif diletakkan di kamar tidur karena Anda bernapas paling dalam saat tidur.

Untuk penempatannya, beberapa model air purifier harus berada di tengah ruangan dan model lain dapat diletakkan di dekat dinding.

Nah, berikut tips meletakkan air purifier di kamar tidur dan cara memilihnya. 

Baca juga: Benarkah Area Dekat Air Purifier Mendapat Lebih Banyak Udara Bersih? 

Fungsi air purifier 

Ilustrasi air purifier di dalam kamar tidur.SHUTTERSTOCK/YUTTANA JAOWATTANA Ilustrasi air purifier di dalam kamar tidur.
Air purifier berfungsi menyaring dan membersihkan udara yang tercemar di dalam rumah. Menurut Achoo Allergy and Air Products, banyak orang menghabiskan sekitar 90 persen waktunya di dalam ruangan dan udara di dalam rumah bisa lima hingga 10 persen lebih kotor daripada udara di luar. 

Air purifier terlibat dalam "pertukaran udara"; kipas yang terpasang pada alat pembersih menyedot udara dari ruangan, mengirimkannya melalui proses penyaringan di dalam mesin,  kemudian melepaskan udara bersih kembali ke dalam ruangan.

Mesin dibuat untuk memurnikan lingkungan dalam sebuah ruangan. Jika ingin membersihkan udara di beberapa kamar tidur di seluruh rumah, Anda memerlukan lebih dari satu pembersih udara. 

Baca juga: 6 Masalah Umum yang Ditemui Pada Air Purifier dan Cara Mengatasinya 

Penggunaan air purifier 

Pembersih udara melindungi orang-orang dari alergen di kamar tidur, termasuk tungau debu, jamur, bulu hewan peliharaan, bakteri di udara, bau dan gas rumah tangga, dan senyawa organik yang mudah menguap pada produk rumah tangga seperti disinfektan, perlengkapan pembersih, cat, perekat, serta pernis.

Karena banyak orang menghabiskan sebagian besar waktu di kamar tidur, memiliki air purifier dapat melindungi mereka dari asma, alergi, dan kontaminasi polutan di udara. 

Baca juga: Ketahui Hal yang Dapat dan Tidak Dapat Dilakukan Air Purifier 

Penempatan air purifier di kamar tidur 

Ilustrasi air purifier di kamar tidur. Shutterstock/220 Selfmade studio Ilustrasi air purifier di kamar tidur.
Menurut Achoo Allergy, meletakkan air purifier di kamar tidur harus sekitar satu sampai tiga meter dari kepala tempat tidur dengan menunjuk ke arah Anda.

Penempatan yang lebih dekat membuat Anda bisa merasakan angin. Namun, jika diletakkan lebih jauh, Anda tidak menerima manfaat penuh dari udara yang disaring.

Beberapa air purifier harus diletakkan tepat di lantai, sebagian ditempatkan di tengah ruangan untuk penyaringan yang maksimal.

Namun, jika ini menjadi masalah, carilah mesin yang memiliki filtrasi 360 derajat dan dapat ditempatkan sejauh 15-30 sentimeter dari dinding. Beberapa mesin dapat ditempatkan tepat di dinding tanpa masalah. 

Baca juga: 5 Tips Menggunakan Air Purifier agar Bekerja Maksimal dan Tahan Lama 

Tips memilih air purifier 

Saat mencari air purifier untuk kamar tidur, pilih yang memiliki "sistem tertutup". Sistem ini menjaga udara bersih dan kotor tetap terpisah.

Nyalakan mesin sepenuhnya saat tidak berada di dalam ruangan dan turunkan ke setelan yang lebih rendah saat Anda berada di dalam ruangan.

Sebelum membeli air purifier, periksa garansi, jenis filter yang digunakan, dan seberapa sering filter perlu diganti. 

Baca juga: Ingin Beli Air Purifier? Pertimbangkan 5 Hal Ini Terlebih Dulu

Disarankan membeli filter pengganti bersamaan denggan membeli air purifier sehingga tidak ada kerusakan pada penyaringan udara saat filter kedaluwarsa.

Tuliskan tanggal kedaluwarsa filter di lokasi yang mudah terlihat sehingga Anda tidak lupa menggantinya ketika saatnya tiba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com