Kompas.com - 21/05/2022, 14:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang begitu pesat mengakibatkan banyak barang elektronik bekas yang dibuang oleh setiap orang atau rumah tangga, yang mana ini berdampak pada lingkungan.

Ketika sampah elektronik (e-waste) yang mengandung bahan berbahaya dan beracun dibuang dan masuk ke lingkungan, itu dapat mencemari air tanah, menimbulkan pencemaran udara, asidifikasi atau pengasaman tanah, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk bertanggung jawab terhadap semua barang elektronik milikmu ketika tidak lagi dibutuhkan.

Baca juga: 5 Cara Mengurangi Risiko Kulkas Rusak, Apa Saja?

Dilansir dari Ewaste1, Sabtu (21/5/2022), berikut ini adalah cara mengurangi sampah elektronik agar tidak semakin merusak lingkungan.

Ilustrasi membeli kulkas baru, memilih kulkas sebelum membeli. SHUTTERSTOCK/BEARFOTOS Ilustrasi membeli kulkas baru, memilih kulkas sebelum membeli.
Jadilah konsumen yang baik

Lakukan riset saat kamu akan membeli produk baru. Pastikan produk itu tidak mudah pecah atau rusak setelah kamu membelinya.

Dengan kata lain, carilah produk yang mungkin memiliki masa pakai lebih lama sehingga kamu tidak perlu menggantinya dalam beberapa tahun, atau bahkan berbulan-bulan.

Perlu diketahui bahwa ada praktik umum yang dilakukan di industri elektronik, yakni membuat produk dengan masa pakai yang lebih pendek sehingga lebih banyak uang dapat diperoleh dalam jangka panjang ketika produknya rusak atau tidak berfungsi.

Gunakan kembali sesering mungkin

Baca juga: Ketahui Ragam Barang Elektronik yang Mengonsumsi Banyak Energi Listrik

Jika kamu memiliki suku cadang dan peralatan yang masih berfungsi, coba perbaiki perangkat elektronik tersebut sebelum membeli yang baru.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.