Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2021, 11:13 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelembapan udara kamar mandi adalah masalah umum di banyak rumah. Tetesan air cenderung terbentuk di jendela, cermin, dan dinding ketika udara lembap yang hangat didinginkan oleh permukaan dingin ini.

Juga, udara yang lebih hangat dapat menahan lebih banyak uap air, menghasilkan kondensasi yang lebih berat.

Melansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (26/8/2021), ada berbagai solusi untuk memperbaiki kelembapan di kamar mandi Anda untuk membantunya tetap kering dan kurang rentan terhadap pertumbuhan jamur, seperti berikut ini.

Baca juga: 6 Cara Mempercantik Kamar Mandi Tanpa Renovasi Total

1. Ventilasi

Beri ventilasi pada kamar mandi Anda dan jaga agar tetap kering dengan menyediakan saluran keluar untuk kelembapan yang tidak diinginkan. Salah satu cara termudah untuk ventilasi kamar mandi adalah dengan membuka jendela saat Anda mandi.

Ilustrasi kamar mandi dengan shower dan bathtub. PEXELS/VICTORIA BORODINOVA Ilustrasi kamar mandi dengan shower dan bathtub.

Hal ini memungkinkan uap air berat untuk ke luar dari kamar mandi. Kipas angin langit-langit atau exhaust fan juga dapat membantu membersihkan kamar mandi Anda dari udara yang lembap.

Bersihkan dan rawat kipas Anda agar tetap berfungsi dengan baik. Kamar mandi yang terletak di daerah yang lebih lembap dapat memanfaatkan dehumidifier portabel.

Tempatkan dehumidifier di kamar mandi Anda untuk mengekstrak kelembapan dari udara dan mengurangi tingkat kelembapan.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Merenovasi Kamar Mandi

2. Cat

Menerapkan cat antikondensasi yang diformulasikan secara khusus ke dinding dan langit-langit kamar mandi Anda dapat membantu mengurangi tingkat pengembunan. Cat ini membantu melindungi langit-langit dan dinding, sehingga meningkatkan suhu permukaannya.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com