Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berbahaya bagi Lingkungan, Ini Cara Mengurangi Sampah Elektronik

Ketika sampah elektronik (e-waste) yang mengandung bahan berbahaya dan beracun dibuang dan masuk ke lingkungan, itu dapat mencemari air tanah, menimbulkan pencemaran udara, asidifikasi atau pengasaman tanah, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk bertanggung jawab terhadap semua barang elektronik milikmu ketika tidak lagi dibutuhkan.

Dilansir dari Ewaste1, Sabtu (21/5/2022), berikut ini adalah cara mengurangi sampah elektronik agar tidak semakin merusak lingkungan.

Dengan kata lain, carilah produk yang mungkin memiliki masa pakai lebih lama sehingga kamu tidak perlu menggantinya dalam beberapa tahun, atau bahkan berbulan-bulan.

Perlu diketahui bahwa ada praktik umum yang dilakukan di industri elektronik, yakni membuat produk dengan masa pakai yang lebih pendek sehingga lebih banyak uang dapat diperoleh dalam jangka panjang ketika produknya rusak atau tidak berfungsi.

Jika kamu memiliki suku cadang dan peralatan yang masih berfungsi, coba perbaiki perangkat elektronik tersebut sebelum membeli yang baru.


Dan apabila perangkat elektronik tersebut sudah tidak bisa diperbaiki, sebaiknya daur ulang.

Semakin kamu mendidik dirimu sendiri, itu dapat membuatmu membeli barang-barang yang tidak akan berbahaya bagi lingkungan.

Misalnya, lihat apakah produk yang kamu beli berlabel Energy Star, atau telah disertifikasi oleh Electronic Product Environmental Assessment Tool dan sebagainya.

Pertimbangkan untuk membatasi jumlah barang elektronik yang kamu miliki

Jika tidak terlalu membutuhkan gadget tambahan, carilah perangkat yang memiliki banyak fungsi.

Ajari anak-anak tentang limbah elektronik

Anak-anak adalah masa depan kita sehingga akan sangat membantu jika kita dapat menanamkan dalam diri mereka sejak dini komitmen untuk mendaur ulang sampah atau limbah elektronik.

Apa pun yang kamu miliki, penting untuk selalu membuang sampah elektronik milikmu dengan benar.


Itu berarti mendaur ulang semua barang elektronik bekasmu, dengan pemahaman bahwa membuang limbah elektronik secara tidak benar menjadi semakin berbahaya, terutama karena volume sampah elektronik telah meroket.

Memahami masalah keamanan

Semua informasi pribadimu tetap tersimpan di perangkat elektronikmu meskipun kamu menghapusnya, jadi itulah alasan lain untuk tidak membuangnya.

Pertahankan apa yang kamu miliki

Gerakan kecil membantu menjaga apa yang kamu miliki bekerja lebih lama.

Bersihkan laptopmu sesering mungkin dan jangan mengisi daya baterai secara berlebihan sehingga kamu dapat meningkatkan masa pakai baterai secara keseluruhan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/21/140400776/berbahaya-bagi-lingkungan-ini-cara-mengurangi-sampah-elektronik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke