Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menata Kamar Mandi

Kompas.com - 22/06/2023, 15:20 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menjaga kebersihannya, kamar mandi juga perlu ditata agar rapi, teratur, dan nyaman saat digunakan. 

Sayangnya, kamar mandi sering kali menjadi penyimpanan berbagai barang, seperti produk mandi maupun pembersih. 

Baca juga: 6 Cara Menata Kamar Mandi Kecil agar Tampak Rapi dan Teratur

Padahal, kamar mandi yang terorganisasi baik memudahkan Anda saat mandi dan mengambil barang yang dibutuhkan.  

Untuk membantu Anda, dilansir dari The Spruce, Kamis (22/6/2023), berikut sejumlah kesalahan yang harus dihindari saat menata kamar mandi

Memprioritaskan kategori daripada kebutuhan

Ilustrasi kamar mandi.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi kamar mandi.
Menurut Meredith Goforth, professional organizer, salah satu kesalahan utama yang dilakukan orang saat menata kamar mandi adalah memprioritaskan barang-barang berdasarkan kategori, bukan rutinitas.

"Banyak klien saya memiliki banyak koleksi kosmetik, tapi mereka hanya menggunakan beberapa produk secara teratur," katanya. 

Ia menyarankan memisahkan barang yang digunakan sehari-hari dari persediaan cadangan. Sortir barang-barang tersebut, yakni dengan meletakkan sebuah kotak kosong di kamar mandi selama beberapa hari.

Saat menggunakan suatu produk, letakkan di dalam kotak. Setelah seminggu, barang-barang- barang yang Anda gunakan setiap minggu akan terpisah dari barang-barang yang jarang, bahkan tidak pernah digunakan.

Baca juga: 7 Ide Memperbarui Tampilan Kamar Mandi dengan Anggaran Terbatas

Menyimpan terlalu banyak barang di kamar mandi

Goforth mengatakan kesalahan yang harus dihindari saat menata kamar mandi adalah tidak memperhatikan apa yang harus ada di kamar mandi dan apa yang bisa disimpan di area lain.

Goforth menganjurkanmenciptakan zona penyimpanan terpisah di luar kamar mandi. Ruang tersebut dapat digunakan untuk menyimpan tisu toilet ekstra, perlengkapan pembersih, handuk, dan kosmetik tambahan.  

"Lemari sering kali menjadi tempat ideal untuk zona persediaan di luar kamar mandi," ucapnya.

Jika kekurangan ruang lemari tamabahan, ia menyarankanberkreasi dengan penyimpanan, seperti menggunakan organizer pada pintu.

Baca juga: 5 Tanda Ada Masalah Kebocoran Air di Kamar Mandi, Segera Tangani

Membeli produk penyimpanan yang salah

Ilustrasi kamar mandi kecil, area shower di kamar mandi.SHUTTERSTOCK/PROCREATORS Ilustrasi kamar mandi kecil, area shower di kamar mandi.
Kesalahan yang harus dihindari saat menata kamar mandi adalah berinvestasi pada solusi penyimpanan yang salah. Hal dapat menciptakan banyak ruang yang terbuang.

Menurut Goforth, sangat penting membuat rencana terlebih dahulu. "Mengukur laci dan lemari adalah awal yang baik. Prioritaskan solusi yang memiliki ukuran ideal dan akrilik yang bening agar mudah terlihat serta dibersihkan," imbunya. 

Selain itu, ia menyarankan memaksimalkan ruang vertikal. Pertimbangkan laci yang bisa ditumpuk dan bening sehingga Anda bisa melihat apa yang ada di dalamnya.

Baca juga: Catat, Ini 8 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Kamar Mandi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com