Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menata Kamar Mandi

Sayangnya, kamar mandi sering kali menjadi penyimpanan berbagai barang, seperti produk mandi maupun pembersih. 

Padahal, kamar mandi yang terorganisasi baik memudahkan Anda saat mandi dan mengambil barang yang dibutuhkan.  

Untuk membantu Anda, dilansir dari The Spruce, Kamis (22/6/2023), berikut sejumlah kesalahan yang harus dihindari saat menata kamar mandi. 

"Banyak klien saya memiliki banyak koleksi kosmetik, tapi mereka hanya menggunakan beberapa produk secara teratur," katanya. 

Ia menyarankan memisahkan barang yang digunakan sehari-hari dari persediaan cadangan. Sortir barang-barang tersebut, yakni dengan meletakkan sebuah kotak kosong di kamar mandi selama beberapa hari.

Saat menggunakan suatu produk, letakkan di dalam kotak. Setelah seminggu, barang-barang- barang yang Anda gunakan setiap minggu akan terpisah dari barang-barang yang jarang, bahkan tidak pernah digunakan.

Menyimpan terlalu banyak barang di kamar mandi

Goforth mengatakan kesalahan yang harus dihindari saat menata kamar mandi adalah tidak memperhatikan apa yang harus ada di kamar mandi dan apa yang bisa disimpan di area lain.

Goforth menganjurkanmenciptakan zona penyimpanan terpisah di luar kamar mandi. Ruang tersebut dapat digunakan untuk menyimpan tisu toilet ekstra, perlengkapan pembersih, handuk, dan kosmetik tambahan.  

"Lemari sering kali menjadi tempat ideal untuk zona persediaan di luar kamar mandi," ucapnya.

Jika kekurangan ruang lemari tamabahan, ia menyarankanberkreasi dengan penyimpanan, seperti menggunakan organizer pada pintu.

Menurut Goforth, sangat penting membuat rencana terlebih dahulu. "Mengukur laci dan lemari adalah awal yang baik. Prioritaskan solusi yang memiliki ukuran ideal dan akrilik yang bening agar mudah terlihat serta dibersihkan," imbunya. 

Selain itu, ia menyarankan memaksimalkan ruang vertikal. Pertimbangkan laci yang bisa ditumpuk dan bening sehingga Anda bisa melihat apa yang ada di dalamnya.

Memilih estetika daripada fungsi

Goforth mengatakan, stoples kaca berisi bola kapas yang dipajang tidak akan berguna jika Anda tidak menggunakan bola kapas.

"Bukan berarti solusi penyimpanan yang berfungsi baik tidak bisa menjadi indah, tapi di ruang kecil, seperti kamar mandi, produk ini haruslah fungsional terlebih dahulu," katanya.

Mengabaikan kebutuhan khusus

Masuk akal menyimpan produk riasan dan aksesori rambut di kamar mandi. Namun, dalam praktiknya, Goforth mengatakan penting mempertimbangkan apakah hal tersebut masuk akal untuk Anda atau tidak.

"Salah satu klien saya selalu menata rambut putrinya untuk sekolah di meja dapur saat dia sarapan," katanya.

Ia melanjutkan, mungkin tidak lazim menyimpan ikat rambut dan bando di laci dapur, bukannya di kamar mandi, tapi hal ini sangat sesuai dengan rutinitas keluarga tersebut.

Penting diingat, ini adalah ruang Anda. Buatlah ruang bekerja untuk Anda. 

Nah, itu dia sejumlah kesalahan yang harus dihindari saat menata kamar mandi.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/22/152000076/5-kesalahan-yang-harus-dihindari-saat-menata-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke