Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mendesain Dapur Outdoor

Kompas.com - 03/06/2022, 19:17 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.comDapur outdoor atau dapur luar ruangan memiliki beragam kelebihan yang membuat beberapa orang tertarik menghadirkannya di rumah mereka.

Misalnya, dapur outdoor memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga aroma masakan yang kuat akan cepat hilang.

Baca juga: 5 Hal Penting yang Harus Dimiliki untuk Menciptakan Dapur Outdoor

Dengan begitu, tidak perlu repot-repot menyalakan kipas angin, membuka pintu atau jendela untuk menghilangkan aroma tersebut.

Tidak hanya itu, pencahayaan dapur outdoor lebih maksimal daripada dapur indoor atau dalam ruangan sehingga tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari, yang akhirnya dapat menghemat energi. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mendesain dapur outdoor seperti dilansir The Spruce, Jumat (3/6/2022). 

Baca juga: 3 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Lantai Dapur

Ketahui tipe dapur outdoor

Ilustrasi dapur outdoor dengan lubang apiUnsplash/Arcwind Ilustrasi dapur outdoor dengan lubang api

Menentukan jenis dapur outdoor terbaik untuk rumah akan bergantung pada bujet, gaya hidup, dan ruang. Pertama, putuskan apakah ingin memiliki dapur yang sepenuhnya fungsional atau sederhana.

Dari sana, tentukan apa yang penting dan apa yang ingin dihadirkan untuk menunjang kenyamanan. Tentukan pula apakah anggaran cukup untuk menutupi kebutuhan ekstra.

Tinjau ruang yang tersedia

Jika tinggal di lahan yang luas, lokasi dapur outdoor tidak perlu terlalu jauh dari rumah. Ukur seluruh ruang yang tersedia untuk menentukan peralatan dapur mana yang harus diprioritaskan.

Setelah itu, mulai memilih peralatan dapur tertentu serta tentukan lokasi yang nyaman dan aman untuk menghadirkan dapur outdoor. Terakhir, pikirkan material yang sesuai dengan eksterior rumah dan dapat diakses dengan mudah.

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Dapur Outdoor Menjadi Area Hiburan yang Menarik

Atur anggaran

Hal-hal penting seperti material, peralatan dapur, dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membangun dapur outdoor memerlukan biaya yang tak sedikit. 

Untuk itu, tentukan anggaran yang lebih tinggi guna mengantisipasi apabila biaya pembangunan membutuhkan lebih banyak uang dari yang diperkirakan.

Biaya tambahan mencakup menggunakan jasa desainer, mengatur izin pembangunan, membeli alat, dan menyewa bantuan profesional untuk hal-hal seperti listrik dan pipa ledeng. 

Baca juga: 4 Tips Mendesain Dapur Terbuka yang Praktis dan Fungsional

Pahami gaya memasak Anda 

Ilustrasi dapur outdoor perdesaanUnsplash/Ibiza Ibiza Ibiza Ilustrasi dapur outdoor perdesaan

Tentukan gaya dan metode favorit untuk memasak di luar ruangan. Dapur outdoor dapat mencakup apa saja, dari pemanggang gas atau listrik hingga peralatan lainnya seperti oven atau kompor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com