Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mendesain Dapur Terbuka yang Praktis dan Fungsional

Kompas.com - 01/06/2022, 13:34 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain dapur terbuka atau open space menjadi salah satu satu desain yang banyak dipilih saat ini, terlebih untuk rumah-rumah modern dan rumah kecil seperti apartemen

Dapur desain terbuka dianggap dapat menghadirkan kehangatan dan keakraban saat makan bersama keluarga maupun tamu. Selain itu, dapur terbuka bisa membuat ruangan lebih lapang dan praktis. 

Baca juga: 4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendesain Dapur Terbuka

Namun, lantaran melibatkan ruangan atau zona lain, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menerapkan dapur terbuka di rumah. 

Desain dan dekorasi interior harus menyatu dengan ruangan yang berdekatan sekaligus menambah nilai estetika pada dapur.

Selain itu, mempertimbangan kebisingan dan bau dapur yang dapat menyebarkan ke ruangan lainnya sehingga bisa menciptakan lingkungan yang tidak menyenangkan bagi mereka yang duduk di ruang makan atau ruang keluarga.

Jadi, jika tidak yakin harus mulai dari mana atau apa yang harus dipertimbangkan, berikut cara mendesain dapur terbuka yang praktis dan fungsional disadur dari Kitchen Stone, Rabu (1/6/2022). 

Baca juga: 4 Tips Memaksimal Dapur Terbuka agar Semakin Terlihat Menarik 

Rencanakan tata letaknya terlebih dulu 

Ilustrasi dapur, ilustrasi desain dapur terbuka.Shutterstock/KUPRYNENKO ANDRII Ilustrasi dapur, ilustrasi desain dapur terbuka.
Tata letak dapur yang praktis memastikan adanya cukup ruang untuk bergerak sambil memisahkan zona secara efisien.

Mendesain dapur terbuka harus memastikan seseorang dapat berjalan melewati dapur dengan nyaman dan aman untuk mencapai ruangan atau zona lain. 

Tata letak dapur terbuka yang praktis biasanya memiliki bar sarapan yang berfungsi sebagai area transisi antara dua zona, yaitu ruang makan atau ruang keluarga dan dapur.

Jika memiliki cukup ruang untuk kitchen island, termasuk dilengkapi ruang penyimpanan di bawahnya, akan memungkinkan Anda meminimalkan penggunakan kabinet dapur yang sering menimbulkan tampilan berantakan di dapur terbuka. 

Baca juga: 4 Cara Memaksimalkan Dapur Terbuka 

Gunakan meja dapur yang rapi dan estetis

Karena meja dapur biasanya merupakan ruang paling berantakan di dapur, penting  mendesain meja dapur terbuka dengan cara yang memberikan efisiensi maksimum, tapi tetap memiliki nilai estetika.

Hal ini karena area tersebut akan terlihat dari zona lain sehingga harus terlihat rapi dan teratur, bahkan saat digunakan.

Dari menyembunyikan peralatan dapur, memasang lampu hias di atas kepala, hingga memilih material yang menyenangkan secara visual untuk meja dapur, ini semua tentang kerapian dan estetika. 

Untungnya, ada berbagai jenis meja dapur di pasaran yang bisa dipilih. Namun, sebelum memilihnya, pertimbangkan warna, tekstur, dan bahan permukaan lain di dapur serta zona yang berdekatan untuk menghindari bentrok dengannya. 

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Desain Dapur Terbuka 

Desain dapur terbuka di sekitar kitchen island

Ilustrasi dapur terbuka, ilustrasi kitchen islandUnsplash/Point3D Commercial Imaging Ltd. Ilustrasi dapur terbuka, ilustrasi kitchen island
Dapur terbuka sangat ideal untuk ruang kecil karena menyediakan lebih banyak fungsionalitas dan menciptakan ruangan yang lapang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com