Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2023, 13:08 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang makan sering kali menjadi tempat berkumpul dan menjamu tamu sambil menikmati makanan.

Di ruang makan, suasana berkumpul bisa lebih santai dan nyaman. Namun, menciptakan ruang makan ketika tidak memiliki banyak ruangan terbilang gampang-gampang susah. 

Baca juga: 7 Tips Mendekorasi Ruang Makan Kecil agar Tak Terasa Sempit

Hal ini membuat mereka yang tinggal di ruang kecil, seperti apartemen, merasa tidak bisa menghadirkan ruang makan untuk menjamu tamu. 

Begitu pun denah lantai terbuka yang luas tidak semua tata letaknya menawarkan ruang makan khusus. Namun, bukan berarti tidak bisa berkreasi. Di ruang kecil, Anda juga bisa menciptakan ruang makan yang nyaman. 

Dilansir dari Apartment Theraphy, Kamis (20/7/2023), berikur sejumlah ide membuat ruang makan di ruangan kecil.

Gunakan ruang atau furnitur yang dimiliki

Ilustrasi kipas angin gantung di ruang makan. SHUTTERSTOCK/JONATHAN PARK Ilustrasi kipas angin gantung di ruang makan.
Jangan takut menggunakan sofa di satu sisi dan meja kecil di tengah untuk mengukir ruang makan. Bantal dan bangku di lantai selalu dapat ditarik untuk tempat duduk tambahan.

Di ruang makan tak selalu berpatok pada meja makan. Anda bisa meletakkan meja kopi untuk menghibur dan menyajikan makanan serta minuman, kemudian letakkan bean bag atau karpet sebagai alas atau tempat duduk.  

Baca juga: 4 Tips Menerapkan Gaya Skandinavia di Ruang Makan

Berkreasilah untuk memperluas

Selanjutnya, ide membuat ruang makan di ruangan kecil adalah berkreasi untuk memperluas saat ingin menjamu tamu.

Bisa jadi sesuatu yang Anda beli memiliki daun atau secara mekanis terbuka ke ruang makan yang lebih besar. Bisa juga berupa meja lipat ekstra yang Anda simpan di dalam lemari. Bisa juga sesuatu yang Anda buat sendiri yang dapat dilipat atau dibuka.

Jangan khawatir tentang arsitektur yang tidak bisa Anda ubah

Semakin kecil ruangan, semakin banyak hal yang tidak bisa diubah, seperti pintu dan lampu.

Namun, tidak perlu khawatir tentang elemen-elemen tersebut saat membuat ruang makan di ruangan kecil. Anda bisa menutup pintu atau elemen arsitektur lainnya untuk sementara waktu jika itu berarti bisa memasukkan lebih banyak orang ke ruangan. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Ruang Makan Outdoor Terasa Lebih Besar dan Fungsional

Menyatu secara visual

Ilustrasi ruang makan kecil.Shutterstock/Pinkystock Ilustrasi ruang makan kecil.
Ide membuat ruang makan di ruangan kecil adalah menyatukan secara visual. Caranya, memilih furnitur yang secara visual menyatu dengan lingkungan sekitar, baik furnitur yang dicat dengan warna sama dengan dinding atau warna kayu maupun furnitur kayu lain di sekitarnya.

Hal ini akan membuatnya terasa tidak terlalu ramai di ruang makan. Selain itu, secara visual, tidak akan membuat ruang makan terasa tidak terlalu berantakan, bahkan lebih besar.

Jaga ruangan tetap minimal

Jika harus memasukkan ruang makan ke ruangan lain yang lebih besar, jaga perabot dan aksesori yang digunakan tetap minimal.

Hal ini akan membantu memastikan ruang makan tidak mengalahkan dekorasi lainnya. Menjaga dekorasi tetap sederhana dan minimal di seluruh ruang makan akan membantu ruangan terasa seimbang. 

Baca juga: 8 Ide Menciptakan Ruang Makan Skandinavia yang Nyaman dan Fungsional

Rangkul keintiman

Terakhir, ide membuat ruang makan di ruangan kecil adalah merangkul keintiman. Jika memiliki ruang yang sangat kecil untuk memulai, Anda mungkin akan pergi ke arah yang berlawanan.

And bisa merangkul kenyamanannya dan berinvestasi pada tekstil berlapis, cahaya rendah dan tekstur yang menarik untuk membuat ruang makan terasa, seperti sudut yang nyaman dan intim untuk dinikmati beberapa orang sekaligus aih-alih mencoba membuat ruangan terasa lebih besar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com