Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendekorasi Ruang Makan Kecil agar Tampak Menarik dan Nyaman

Kompas.com - 02/06/2023, 09:29 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang makan merupakan tempat bersantap sekaligus berkumpul bersama keluarga. Karena itu, penting membuatnya menjadi tempat yang menyenangkan untuk semua anggota keluarga.

Namun, ruang makan kecil dapat menghadirkan tantangan tersendiri dalam hal penataan dan dekorasi. Untungnya, dengan sejumlah langkah sederhana, Anda dapat membuat ruang makan kecil tampak nyaman dan menarik. 

Dilansir dari Roohome dan Ideal Home, Jumat (2/6/2023), berikut sejumlah cara mendekorasi ruang makan kecil agar tampak menarik dan nyaman. 

Baca juga: Ide untuk Memaksimalkan Ruang Makan Kecil

Meja makan kecil dengan tanaman

Ilustrasi ruang makan, meja makan bundar.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang makan, meja makan bundar.
Perhatikan skala furnitur. Untuk ruang makan kecil, pertimbangkan menggunakan furnitur  kecil. Penggunaan meja makan kecil dengan bangku minimalis akan membantu membuat ruang makan kecil tidak terasa sempit.

Namun, meja dan bangku tanpa dekorasi dapat membuat ruang makan kecil terlihat kaku dan tidak menarik. Menempatkan tanaman sederhana di atas meja dapat menghilangkan kesan kaku pada ruangan.

Anda juga bisa menggunakan vas dengan bentuk dan tampilan cantik untuk mempercantik ruang makan kecil. Kehadiran tanaman hijau akan menyegarkan ruang makan dan membuat relaks.

Baca juga: Tips Mendekorasi Ruang Makan Kecil

Mempercantik dinding 

Menambahkan terlalu banyak barang dekoratif ke ruang makan kecil dapat membuat ruangan terasa lebih sempit.

Karena itu, mendekorasi dinding dapat dijadikan alternatif untuk mempercantik ruangan tanpa memakan banyak tempat. Tambahkan pajangan dinding, seperti lukisan atau foto, untuk membuat ruang makan kecil terlihat cantik.

Selain itu, memasang rak apung sehingga menambah ruang untuk meletakkan barang-barang, seperti tanaman, piring antik, hingga guci keramik yang antik. 

Salah satu kiat membuat ruang makan kecil tampak lebih besar adalah mengarahkan pandangan ke atas. Penggunaan dekorasi dinding yang tepat dapat membantu dalam hal ini.

Cobalah menata benda-benda dekoratif dalam garis diagonal menjauh dari area makan. Pandangan mata akan mengikuti pola ini dan tak terfokus pada area yang lebih kecil di bawahnya.

Baca juga: Hindari, Ini 4 Kesalahan Menata Ruang Makan Kecil

Pertimbangkan pencahayaan

Ilustrasi ruang makan, karpet di ruang makan.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang makan, karpet di ruang makan.
Ruang makan kecil dengan plafon rendah dapat membuat ruang terasa sempit dan tertutup. Pencahayaan dapat membuat ruang makan terasa lebih besar dan memberikan ilusi plafon lebih tinggi.

Julian Page, Head of Design BHS Lighting, mengatakan, ketika lampu gantung terlalu panjang dan tidak ada ruang untuk lampu gantung, hal ini dapat membingungkan dalam menentukan pencahayaan.

Menurutnya, terdapat beberapa cara sederhana menerangi ruangan dengan plafon rendah, salah satunya lampu downlight.

Dengan desain tersembunyi, lampu ini tidak memakan tempat di dalam ruangan dan menciptakan tampilan modern dan ramping.

Baca juga: 6 Ide Pencahayaan di Ruang Makan, Beri Nuansa Hangat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com