Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menambahkan Tempat Penyimpanan ke Ruang Makan

Kompas.com - 08/09/2022, 12:27 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat penyimpanan tidak hanya dibutuhkan di ruang keluarga, dapur, dan kamar tidur tidur, tapi juga ruang makan untuk menjaganya tetap rapi serta teratur. 

Sebab, ruang makan yang berantakan dapat membuat orang merasa tak nyaman dan nafsu makan saat menyantap makanan di sana, yang akhirnya dapat mempengaruhi kesehatan.  

Baca juga: 4 Benda yang harus Dimiliki untuk Dekorasi Ruang Makan yang Elegan

Namun, kebanyakan ruang makan cenderung berukuran kecil sehingga sulit memasukkan dan menata ruang penyimpanan.

 

Untuk membantu Anda, berikut cara menambahkan tempat penyimpanan ke ruang makan dengan kreatif dikutip dari My Decorative, Kamis (8/9/2022). 

Manfaatkan ruang sudut dan ruang vertikal 

Ilustrasi ruang makan bergaya Skandinavia, Ilustrasi furnitur di ruang makan atau dapur. Shutterstock/PinkyWinky Ilustrasi ruang makan bergaya Skandinavia, Ilustrasi furnitur di ruang makan atau dapur.
Ruang sudut dan vertikal mudah diabaikan, tetapi sebetulnya berperan penting dalam penyimpanan. Untuk itu, manfaatkan ruang-ruang tersebut.

Cari furnitur sudut dan kabinet yang bisa digantung pada dinding ruang makan dengan ukuran yang sesuai dengan ruangan. Ini dapat memberikan ruang penyimpanan yang cukup tanpa terlalu banyak memakan ruang lantai. 

Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Dapur

Sedangkan untuk rumah makan sekaligus dapur, coba menggunakan ruang penyimpanan yang digantung pada plafon dan Anda bisa menggantung panci serta wajan di atasnya.

Jika tidak ingin memasang terlalu banyak lemari pada dinding, pilih lemari yang berdiri bebas untuk memanfaatkan ruang vertikal.

Bufet adalah cara tradisional menambahkan tempat penyimpanan ekstra ke ruang makan untuk menyimpan banyak peralatan makan. Namun, hindari memilih bufet dengan rak terbuka yang dapat menampung debu serta tidak nyaman untuk dibersihkan. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Meja Ruang Makan

Pilih furnitur yang cantik dan fungsional

Perabotan cantik dapat menambahkan gaya dan keindahan ke rumah, tetapi apakah fungsional?

Untuk ruang makan sempit, furnitur fungsionalitas jauh lebih penting daripada keindahan. Tentu saja, kita biasanya dapat mencapai keseimbangan di antara keduanya.

Misalnya, memilih furnitur yang bisa berfungsi menyimpan banyak barang, bukan sekadar cantik.  

Baca juga: Meja Makan Marmer Vs Kayu, Mana yang Terbaik untuk Ruang Makan?

Furnitur serbaguna 

Ilustrasi ruang makanUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang makan
Furnitur makan multitask, seperti meja makan dengan tempat penyimpanan tersembunyi, bufet, roli saji, kursi penyimpanan, adalah ide utama untuk menghemat lahan di ruang makan Anda.

Di ruang makan, meja makan dan bufet biasa terlihat. Dapatkan meja makan atau meja bar dengan tempat penyimpanan untuk ruang makan sehingga Anda dapat meletakkan piring, gelas, tisu, dan beberapa barang yang sering digunakan di dalamnya daripada memajangnya di mana-mana.

Penyimpanan bagian dalam, meja, bahkan rak samping terbuka adalah mampu memuat banyak peralatan makan serta dapur.

Selain itu, bufet serbaguna atau multifungsi dapat dipindahkan ke ruang tamu atau ruang luar, sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. 

Baca juga: Catat, Ini Warna Cat yang Tidak Boleh Digunakan di Ruang Makan 

Atur peralatan makan setelah menggunakan 

Meski memiliki furnitur multifungsi dan menggunakan ruang sudut untuk tempat penyimpanan, hal itu akan sia-sia jika barang-barang tersebut tetap diletakkan sembarangan.

Bagilah barang-barang tersebut ke dalam lemari atau kompartemen yang berbeda dan beri tahu anggota keluarga untuk mengembalikan barang-barang tersebut ke posisi semula setelah digunakan.

Selain itu, penting untuk merapikan dan mengatur barang-barang secara teratur serta singkirkan barang-barang yang tidak lagi digunakan. Dengan begitu, ruang makan akan tampak teratur dan luas meski banyak tempat penyimpanan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com