Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Menempatkan Sofa di Ruang Tamu

Kompas.com - 20/07/2023, 11:38 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa umumnya merupakan furnitur terbesar di ruang tamu. Penempatan sofa merupakan hal penting untuk aliran ruangan dan penggunaan ruang.

Saat menempatkan sofa di ruang tamu, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan, mulai dari fungsionalitas hingga bobot visual.

Baca juga: Cara Meletakkan Sofa di Ruang Tamu agar Lebih Fungsional

Dikutip dari Living Cozy, Kamis (20/7/2023), berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat menempatkan sofa di ruang tamu.

Ilustrasi ruang tamu dengan warna dinding sage green atau hijau sage.SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang tamu dengan warna dinding sage green atau hijau sage.

1. Fungsionalitas

Tata letak ruang tamu dan jenis sofa yang Anda pilih harus memenuhi kebutuhan keluarga Anda. Sofa berukuran besar sering kali merupakan perabot terbesar di ruangan, dan di mana Anda menempatkan sofa dan meja kopi memiliki dampak besar pada fungsionalitas ruangan.

Sophia Smith dari Jangeorge Interiors & Furniture mengatakan, saat mempertimbangkan sofa untuk ruangan, penting untuk menyadari bahwa furnitur ini tidak hanya menentukan suasana ruangan, tapi juga fungsionalitas yang dinamis.

Baca juga: 3 Jenis Sofa yang Cocok untuk Ruang Tamu Kecil

Sofa bukan hanya sebuah patung untuk dikagumi, tapi juga tempat untuk dinaiki, tidur, dan harapannya, bersantai, katanya.

Anda perlu mempertimbangkan fungsi yang Anda inginkan dari ruangan tersebut. Sebagai contoh, apakah Anda ingin menonton TV, menjangkau meja kopi ketika minum teh, atau meletakkan meja samping dalam jangkauan tangan Anda.

2. Aliran ruangan

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan saat memutuskan penempatan sofa adalah aliran ruangan. Jika sebuah ruangan memiliki aliran yang baik, orang akan dengan mudah dapat berjalan di sekitar ruangan tanpa halangan.

Saat Anda menata ulang furnitur ruang tamu, pertimbangkan bagaimana ruang tersebut saat ini dan di mana Anda bisa melakukan perbaikan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com