Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ide Menciptakan Ruang Makan Kecil yang Fungsional dan Menarik

Ruang makan mungkin hanya sebuah ruangan kecil, bahkan hanya sudut dari dapur terbuka, tapi sekecil apapun ukurannya, Anda masih bisa membuat ruang makan yang indah dan praktis. 

Banyak ide ruang makan yang indah dapat diadaptasi untuk ruangan kecil, baik itu karena plafon yang rendah serta sudut yang canggung atau lebar yang sempit.

Rebecca Snowden, penasihat gaya interior di Furniture and Choice, mengatakan saat menata ruang kecil, pilih furnitur berfungsi ganda.

Manfaatkan ruang dinding, seperti memasang rak mengambang untuk penyimpanan tambahan atau menambahkan cermin bergaya untuk membuat ruang makan kecil terasa lebih besar.

Selain itu, jangan lupa mempertimbangkan ide pencahayaan di ruang makan kecil. Pencahayaan adalah aspek penting untuk membuat ruang makan kecil terasa lebih besar. 

"Jadi, buatlah pendekatan berlapis dengan menggabungkan lampu plafon yang dapat diredupkan dengan lampu lantai dan tempat lilin dinding. Biarkan cahaya alami masuk melalui tirai tipis," kata Rebecca.

Nah, dilansir dari Ideal Home, Sabtu (21/10/2023), berikut sejumlah ide menciptakan ruang makan kecil yang fungsional dan menarik.    

Namun, bukan berarti mengorbankan salah satunya dengan menyandingkan keduanya. Anda akan mendapatkan yang terbaik dari kedua hal tersebut.

Memilih lemari dengan pintu kaca adalah cara bagu melakukan hal ini dengan ide penyimpanan ruang makan kecil, yang memungkinkan Andamemajang barang-barang terbaik.

Inilah saatnya memamerkan porselen dan barang pecah belah terbaik Anda. Memiliki lemari dengan pintu kaca juga membantu ruang makan kecil terlihat lebih besar dengan memantulkan cahaya dan memungkinkan Anda melihat sampai ke bagian belakang lemari. 

Hubungkan ke dapur

Selanjutnya, ide menciptakan ruang makan kecil yang fungsional dan menarik adalah menghubungkan ke dapur.

Tidak semua orang memiliki ruang untuk ruang makan terpisah dan ruang makan di dapur terbuka adalah pilihan populer di banyak rumah.

Saat menggabungkan dapur dengan ruang makan, perhatikan ruang lalu lintas dan bagaimana orang akan bergerak di sekitar ruangan dan ada cukup ruang untuk jalan, bahkan ketika kursi ditarik keluar.

Tracey Hague, pemilik merek furnitur vintage Where Saints Go, mengatakan bangku kayu akan terlihat bagus jika ditata dengan karpet kulit domba yang lembut untuk kenyamanan instan serta tampilan Skandinavia yang penuh gaya.

Bangku yang dibangun ke dalam ide kitchen island kecil adalah cara bagus memberi lebih banyak tempat duduk tanpa menghabiskan banyak ruang berharga.

Tempat duduk bangku juga merupakan cara  menciptakan pemisah antara area dapur dan ruang makan sehingga ruangan terasa seperti memiliki zona terpisah, tetapi tetap merupakan ruang  berkesinambungan. 

Untuk mengubah meja makan menjadi ruang kerja, singkirkan semua alas piring atau peralatan makan sehingga meja makan hanya digunakan untuk bekerja serta dapat memuat laptop dan kertas-kertas dengan nyaman.

Jika memutuskan menggunakan meja makan sebagai meja kerja, memiliki stopkontak di dekatnya juga penting, begitu juga dengan kursi yang nyaman dan mendukung.

Ketika siap untuk beralih lagi, singkirkan semua barang yang berhubungan dengan pekerjaan dan letakkan di tempat yang tidak dapat Anda lihat sehingga ruang makan kecil kembali menjadi ruang untuk bersantai dan beristirahat. 

Pilih rak terbuka 

Rak terbuka memungkinkan Anda  menggabungkan bentuk dan fungsi yang baik dan terlihat paling baik ketika pendekatan sederhana dilakukan.

Apa yang Anda letakkan di rak adalah pilihan pribadi, pastikan saja rak tersebut terlihat teratur dan rapi menggunakan keranjang atau kotak untuk menyembunyikan kekacauan.

Untuk memberikan daya tarik lebih pada rak, tambahkan lebih banyak benda-benda dekoratif, seperti vas, tanaman gantung, atau benda-benda pahatan kecil.

"Manfaatkan ruang dinding seperti memasang rak mengambang untuk penyimpanan tambahan atau cermin bergaya untuk membuat ruangan terasa lebih besar," ucap Rebecca.

Untuk menjaga tampilan kohesif pada rak ruang makan, kelompokkan barang-barang yang serupa untuk membuat sketsa kecil dan memberi Anda berbagai bentuk dan ukuran. 

Pilih meja makan dengan bentuk bersih dan sederhana

Terakhir, ide menciptakan ruang makan kecil yang fungsional dan menarik adalah memilih meja makan dengan bentuk bersih dan sederhana.

Meja makan di ruang makan kecil paling cocok jika berbentuk bundar atau oval karena tidak ada tepiannya sehingga lebih mudah bagi lebih banyak orang untuk muat di sekeliling meja dan bersosialisasi bersama.

Meja bundar dengan alas di tengah sangat cocok karena ukurannya lebih kecil, sementara meja persegi atau persegi panjang bisa diletakkan di dinding untuk menambah ruang lantai.

Lebih baik lagi, pilih meja makan panjang yang dapat diubah ukurannya untuk makan sehari-hari dan pesta makan malam.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/21/103700876/5-ide-menciptakan-ruang-makan-kecil-yang-fungsional-dan-menarik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke