Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Mendekorasi Ruang Makan Bernuansa Hitam

Kompas.com - 22/10/2023, 16:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com – Hitam menjadi salah satu warna yang cocok dihadirkan dalam dekorasi ruangan, tak terkecuali pada ruang makan.

Warna ini bisa dipadukan dengan berbagai gaya drakoasi mulai dari tradisional, transisi, maupun modern.

Warna hitam bisa digunakan sebagai warna cat, wallpaper, taplak meja, atau ornamen dekorasi lain. Dilansir dari The Spruce, Minggu (22/10/2023), berikut ini beberapa ide mendekorasi ruang makan bernuansa hitam.

Baca juga: 5 Ide Menciptakan Ruang Makan Kecil yang Fungsional dan Menarik

Padukan dengan warna hijau

Hitam termasuk warna netral, sehingga bisa dipadukan dengan berbagai warna. Apabila Anda ingin mendekorasi ruangan dengan warna sejuk, maka pertimbangkan untuk memadukan warna hitam dengan warna hijau.

Dekorasi ruang makan bernuansa hitamShutterstock/Ground Picture Dekorasi ruang makan bernuansa hitam

Warna hijau bisa dihadirkan pada cat dinding atau tanaman hias. Jika ingin meletakkan tanaman hias dalam ruang makan, cukup tambahkan satu atau dua tanaman hias agar suasana ruangan lebih asri.

Hadirkan kehangatan dengan warna cokelat

Nicholas Pica, desainer interior di Studio Pica Design menyarankan untuk memadukan warna hitam dan cokelat tua untuk menghias ruang makan. Warna ini membuat ruangan terasa lebih hangat.

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Ruang Makan Lebih Nyaman

Warna cokelat bisa dihadirkan pada furnitur kayu. Furnitur dari bahan alami juga bisa memberikan suasana asri dan membuat ruangan lebih estetik.

Gunakan ornamen dekorasi dari barang antik

Dinding hitam merupakan area yang cocok untuk menempelkan ornamen antik. Anda bisa menggantungkan lukisan dengan bingkai berwarna emas untuk membuat ruangan terlihat lebih berkarakter dan cantik.

Selain lukisan, ornamen dekorasi seperti lilin atau lampu dinding juga bisa memberikan suasana berbeda dalam ruangan tersebut.

Tempelkan wallpaper dengan latar belakang hitam

Ide mendekorasi ruang makan dengan nuansa hitam juga bisa dengan menempelkan wallpaper berpola besar dengan latar belakang hitam.

Wallpaper tersebut akan memberikan kesan gelap tanpa membuat ruangan terasa terlalu mencolok. Pola yang bisa Anda pilih yaitu pola bunga besar akan memberikan kesan lembut dan cantik pada ruangan.

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Ruang Makan agar Terlihat Estetik

Padukan dengan warna krem

Perpaduan warna hitam dan krem akan membuat ruangan terasa lebih hangat. Warna krem bisa dihadirkan pada meja, kursi, atau lantai dari kayu. Sementara itu, warna hitam digunakan untuk mengecat dinding ruang makan.

Ruang makan hitamShutterstock/Wintakorn Choemnarong Ruang makan hitam

Hiasi dinding dengan ornamen dekorasi berwarna emas

Ornamen berwarna emas pada dinding hitam akan membuat ruangan terlihat lebih cantik dan mewah. Selain serasi, ornamen emas juga bisa menjadi titik fokus ruangan.

Selain ornamen berwarna emas, Anda juga bisa menambahkan lampu gantung berbahan kaca bening untuk menambahkan kemewahan ruangan tersebut.

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Ruang Makan dengan Warna Biru

Pasang gorden tipis

Apabila ruang makan Anda memiliki jendela, maka salah satu ide mendekorasi ruangan tersebut yaitu dengan memasang gorden tipis. Tirai yang tipis berguna untuk menyebarkan cahaya pada jendela besar.

Selain membuat ruangan lebih cantik, gorden juga bisa membuat ruangan lebih terang. Anda bisa memilih gorden berwarna putih agar penyebaran cahaya semakin sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com