Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendekorasi Ruang Makan dengan Warna Abu-abu

Kompas.com - 30/07/2023, 18:58 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Abu-abu merupakan warna netral yang serbaguna. Warna ini dapat menambahkan kesan elegan pada berbagai ruangan, termasuk ruang makan.

Untuk mendekorasi ruang makan dengan warna abu-abu sehingga nyaman dan bergaya, terdapat sejumlah tips yang bisa diterapkan.

Baca juga: 7 Ide Warna Cat Rumah Minimalis, Tidak Harus Putih dan Abu-abu

Dikutip dari Furniture and Choice, Minggu (30/7/2023), berikut sejumlah tips dekorasi mendekorasi ruang makan dengan warna abu-abu.

Ilustrasi ruang makan, cermin di ruang makan. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang makan, cermin di ruang makan.

1. Memilih warna abu-abu terbaik

Lebih dari sekadar gelap atau terang, warna serbaguna ini juga hadir dalam berbagai rona warna. Untuk memilih warna yang tepat, catatlah warna-warna utama di ruang makan, lihatlah, apakah ada lebih banyak warna hangat atau sejuk.

Memilih warna abu-abu dengan temperatur visual yang sama dapat menonjolkan warna-warna tersebut dan membuat ruangan terasa menyatu dengan baik.

Baca juga: Ternyata, Ini Keuntungan Menggunakan Warna Abu-abu di Kamar Tidur

Selanjutnya, pertimbangkan arah mata angin. Sebagai contoh, ruangan yang menghadap ke selatan dan timur bisa dicat dengan warna abu-abu yang lebih dingin untuk menyeimbangkan cahaya matahari yang lebih terang dan lebih keras.

Di sisi lain, ruangan menghadap ke utara dan barat akan mendapat keuntungan dari warna yang lebih hangat untuk menikmati kenyamanan tambahan saat matahari terbenam dan senja.

2. Pencahayaan yang tepat

Membuat ruangan abu-abu terlihat bagus bergantung pada cara menerangi ruangan. Cahaya alami merupakan pilihan terbaik, namun lampu yang memancarkan cahaya lembut juga bisa digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com