Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Membuat Ruang Makan Nyaman dan Hangat

Kompas.com - 27/08/2023, 10:58 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang makan merupakan tempat berkumpul dan bersantap bersama keluarga maupun tamu. Untuk itu, ruang makan perlu dibuat senyaman dan semenarik mungkin.

Dikutip dari Homes and Gardens, Minggu (27/8/2023), Phillip Thomas, desainer interior, mengatakan, ada banyak trik yang dapat digunakan untuk membuat ruang makan menjadi nyaman dan hangat.

Baca juga: 4 Benda yang harus Dimiliki untuk Dekorasi Ruang Makan yang Elegan

Dari fitur arsitektur, seperti proporsi, pilihan material, hingga pilihan furnitur, pilihan yang tersedia untuk menciptakan lingkungan elegan dan hangat tidak terbatas, katanya. Berikut sejumlah tips membuat ruang makan nyaman.

Ilustrasi ruang makan kecil, ruang makan sempit. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang makan kecil, ruang makan sempit.

1. Hiasi dengan warna kaya dan hangat

Warna bisa meningkatkan suasana hati dan warna yang Anda pilih akan memberikan dampak secara instan pada nuansa ruang.

Semakin gelap warnanya, semakin banyak cahaya yang diserapnya, jadi warna merah, plum, dan terakota secara visual akan membawa dinding ke dalam sehingga ruangan terlihat hangat dan mengundang, kata Justyna Korczynska, senior designer di perusahaan cat Crown.

Simon Temprell, manajer desain interior di layanan desain rumah Neptune menambahkan, warna oranye sangat efektif merangsang selera makan dan percakapan.

Jadi pertimbangkan terakota, rust atau burnt sienna dengan warna komplementer seperti teal, navy, atau aqua, saran dia.

Baca juga: 3 Cara Hemat Mempercantik Ruang Makan

2. Pertimbangkan berbagai pilihan pencahayaan

Hadirkan berbagai pilihan pencahayaan di ruang makan. Sue Jones, Co-founder peritel furnitur dan aksesori OKA mengatakan, ia menempatkan lampu gantung rendah di atas meja makan dan mendekorasi sisa ruangan dengan beberapa lampu untuk menambah kehangata ekstra.

Louise Wicksteed, design director di studio desain interior Sims Hildtich setuju skema pencahayan berlapis adalah pilihan tepat. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com