Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Mendekorasi Teras Sempit agar Terlihat Luas dan Estetik

Kompas.com - 26/08/2023, 20:05 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Teras sempit sering kali diabaikan bergitu saja. Banyak yang beranggapan teras sempit sulit di dekorasi.

Padahal, dengan kreativitas teras sempit juga bisa disulap menjadi area eksterior yang nyaman dan terlihat lega.

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Teras Rumah yang Cantik dan Nyaman

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mendekorasi teras sempit. Pertama, perhatikan naungan pada teras tersebut dan mengetahui banyaknya penyinaran yang mengenai teras tersebut

Apabila ingin teras lebih teduh, Anda bisa memasang payung besar yang mudah dibuka tutup. Jadi, saat terik bisa dibuka, sedangkan saat teduh payung tersebut bisa ditutup.

Kedua, perhatikan juga tata letak teras tersebut. Apabila teras berdampingan dengan rumah tetangga, sebaiknya tidak menempatkan tanaman merambat dekat dengan dinding rumah tetangga agar tidak mengganggu kenyamanan tetangga.

Ilustrasi taman teras rumah Ilustrasi taman teras rumah

Selain dua hal tersebut, ada juga beberapa cara mendekorasi teras sempit agar terlihat luas seperti dilansir dari House Beautiful, Sabtu (26/8/2023). 

Baca juga: 6 Cara Mengusir Hama dari Teras Rumah

Perhatikan ukuran teras

Saat hendak mendekori teras kecil, perhatikan ukuran halaman tersebut. Pilih kursi, meja, hingga tanaman hias yang sesuai dengan ukuran teras.

Pastikan furnitur atau ornamen yang terdapat pada teras tidak terlalu besar agar teras tetap terasa luas.

Baca juga: 4 Cara Mendekorasi Teras Rumah agar Lebih Berwarna dan Menarik

Gunakan ubin bermotif

Pada teras kecil, sebaiknya gunakan ubin bermotif agar terlihat menonjol. Anda bisa memilih warna hitam putih dengan kursi bambu yang membuat teras terasa nyaman dan estetik.

Letakkan kursi dan meja berukuran kecil

Meja dan kursi yang kecil sangat cocok untuk teras kecil. Ukuran kecil akan membuat teras tampak luas dan ruang gerak menjadi tidak terbatas.

Anda bisa menggunakan kursi tanpa sandaran. Warna kursi dan meja bisa disesuaikan dengan konsep dekorasi teras. 

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk dari Taman dan Teras Rumah

Pilih warna hangat

Cara mendekorasi teras sempit berikutnya adalah menghadirkan warna-warna hangat. Gunakan furnitur dan dekorasi bernuansa terakota yang lembut untuk membuat teras terasa nyaman, lapang, dan menenangkan.

Gunakan lampu yang estetik

Apabila sering menghabiskan waktu malam di teras, sangat dianjurkan memasang lampu agar teras tetap terang. Jenis lampu yang bisa digunakan adalah lampu gantung sehingga membuat ruangan lebih estetik dan luas.

Tambahkan tanaman gantung

Untuk teras sempit, sebaiknya gunakan tanaman gantung saja yang ditempelkan di dinding. Tanaman ini bisa membuat teras lebih segar dan tidak memakan banyak ruang.

Jenis tanaman yang bisa dipilih adalah tanaman sukulen berukuran kecil. Selain hemat ruang, tanaman sukulen juga minim perawatan sehingga tidak merepotkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com